PENGGUNAAN TUTOR SEBAYA TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR AL QUR’AN HADITS KELAS XI DI MA TARBIYATUT THOLABAH KRANJI PACIRAN LAMONGAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Idah, Nur (2022) PENGGUNAAN TUTOR SEBAYA TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR AL QUR’AN HADITS KELAS XI DI MA TARBIYATUT THOLABAH KRANJI PACIRAN LAMONGAN. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
LKPTK17 Nur Idah.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Penggunaan Tutor Sebaya Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits kelas XI pada mata pelajaran Al-Quran Hadis di Madrasah Aliyah Tarbiyatut Tholabah Kranji Paciran Lamongan. Dalam proses pembelajaran, tentu dibutuhkannya model pembelajaran untuk menyajikan materi pembelajaran. Adapun model pembelajaran adalah pola umum perbuatan guru dan peserta didik di dalam perwujudan kegiatan belajar mengajar. Dengan penerapan model pembelajaran yang baik dan tepat oleh guru diharapkan siswa akan lebih mudah menerima, memahami, dan mengerti tentang materi yang disampaikan sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Penelitian ini membahas tentang model pembelajaran Tutor Sebaya yang digunakan adalah pada mata pelajaran Al Quran Hadis dengan materi mengartikan surah pendek dan hadis. Adapun rumusan masalah dalam skripsi ini adalah Adakah Peningkatan hasil belajar dalam pengajaran Al Qur'an Hadits melalui pelaksanaan tutor sebaya pada materi Menghindari pergaulan bebas dan perbuatan keji pada siswa kelas XI MA Tarbiyatut Tholabah? Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa di Madrasah Aliyah Tarbiyatut Tholabah sebelum diterapkan model pembelajaran tutor sebaya nilai rata-ratanya yaitu 58 sedangkan hasil belajar siswa sesudah diterapkan model pembelajaran tutor sebaya nilai rata-ratanya 84, hipotesa alternative diterima dengan rincian to lebih besar dari tt baik pada taraf signifikan 1% maupun 5% dengan perincian 2,08 < -13,2 > 2,83 berarti hipotesis nihil yang diajukan ditolak, ini berarti bahwa adanya perbedaan nilai hasil belajar antara sebelum dan sesudah diterapkannya model pembelajaran Tutor Sebaya merupakan perbedaan yang berarti atau perbedaan yang meyakinkan (signifikan).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Other)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Idah, NurUNSPECIFIED06050822631
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuflihah, Muflihahmuflihah@uinsby.ac.id2012067602
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Tutor sebaya; hasil belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG)
Depositing User: Ainun Syarifah
Date Deposited: 01 Feb 2025 10:04
Last Modified: 01 Feb 2025 10:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/77119

Actions (login required)

View Item View Item