PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMNT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TEMA 5 SISWA KELAS 5 MI NURUL HUDA SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Musfiroh, Nurul Jannatil (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMNT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TEMA 5 SISWA KELAS 5 MI NURUL HUDA SURABAYA. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
LKPT84 Nurul Jannatil Musfiroh.pdf

Download (22MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena rendahnya hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS MI Nurul Huda Surabaya pada tema 5 materi karakteristik geografis Indonesia. Terbukti dari hasil nilai evaluasi yang masih banyak mendapatkan nilai di bawah KKM karena model pembelajaran yang digunakan kurang menarik. Oleh karena itu, peneliti melakukan upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model kooperatif Tipe STAD. Tujuan dilakukannya penelitian yaitu: 1) mengetahui penerapan model kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada 5 materi geografis Indonesia pada siswa kelas V MI Nurul Huda Surabaya, 2) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada tema 5 materi geografis Indonesia setelah diterapkan model kooperatif tipe STAD pada siswa kelas V MI Nurul Huda Kota Surabaya. Model penelitian yang dilakukan menggunakan PTK dengan model Kemmis and Me Taggart yang setiap siklus terdiri dan perencanaan, tindakan, observası, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V MI Nurul Huda Kota Surabaya Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes tulis, dan dokumentasi, Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) penerapan model kooperatif tipe STAD dilakukan dengan baik dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MI Nurul Huda Surabaya dalam mata pelajaran IPS, terbukti dari hasil observasi aktivitas guru siklus I mendapat skor 83,3 (baik) siklus II mendapat skor 88,9(Baik) dan meningkat pada siklus III menjadi 92,2 (sangat baik), aktivitas siswa pada siklus I mendapat skor 73 (cukup), meningkat pada siklus II 80(Baik) dan meningkat lagi pada siklus III 90(Sangat baik). 2) Peningkatan hasil belajar siswa menggünakan model kooperatif tipe STAD mengalami peningkatan dengan presentase ketuntasan siswa pada siklus 1 hanya 4 siswa yong tuntas dengan persentase 33,3% (Cukup) siklus II mengalami peningkatan & siswa yang tuntas dengan persentase 755(Baik) dan meningkat pada siklus III dengan 12 siswa yang tuntas persentase meningkat menjadi 100% (sangat baik) Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan penerapan model kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisioni dapat meningkatkan hasil belajat siswa kelas V MI Nurul Huda Surabaya

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Other)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Musfiroh, Nurul JannatilUNSPECIFIED06050822646
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSadieda, Lisanul Uswahlisanuluswah@uinsby.ac.id2026098302
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Peningkatan hasil belaajar; model kooperatif tipe STAD; IPS
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG)
Depositing User: Ainun Syarifah
Date Deposited: 01 Feb 2025 10:10
Last Modified: 01 Feb 2025 10:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/77143

Actions (login required)

View Item View Item