PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI BAGIAN-BAGIAN LINGKARAN MENGGUNAKAN PUZLLE LINGKARAN PADA SISWA KELAS VI MI.NU. MIFTAHUL ULUM 21

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Susanti, Makhidah (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI BAGIAN-BAGIAN LINGKARAN MENGGUNAKAN PUZLLE LINGKARAN PADA SISWA KELAS VI MI.NU. MIFTAHUL ULUM 21. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
LKPT87 Makhidah Susanti.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pemahaman siswa pada pembelajaran geometri tentang bagian-bagian lingkaran pada siswa kelas VI MI.NU. Miftahul Ulum 21 masih rendah. Hal ini terlihat dari hasil belajar siswa yaitu terdapat 60% anak yaitu 12 anak dari 20 anak yang masih memiliki hasil belajar rendah. Jika dilihat dari pembelajaran yang telah dilakukan, pelaksanaan secara konvensional menjadi salah satu faktor hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi bagian-bagian lingkaran rendah. Berdasarkan pada latar belakang tersebut maka tujuan pembelajarannya adalah (1) Mendiskripsikan penggunaan media pembelajaran puzlle lingkaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran bagian-bagian lingkaran pada siswa kelas VI di MI.NU. Miftahul Ulum 21. (2) Mendiskripsikan peningkatan penilaian hasil belajar siswa dalam pembelajaran bagian-bagian lingkaran menggunakan media pembelajaran puzlle lingkaran pada siswa kelas VI di MI.NU. Miftahul Ulum 21. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis Penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Model pelaksanaan PTK ini menggunakan model PTK kolaborasi antara peneliti (sebagai pelaksana dalam pembelajaran) dengan rekan sejawat yaitu guru kelas 6 (sebagai observer). Tindakan dilakukan sebanyak 3 siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tindakan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan pada uraian sebelumnya maka kesimpulan yang dapat diberikan adalah (1) Penggunaan media pembelajaran puzlle lingkaran berhasil meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bagian-bagian lingkaran. Hal ini terlihat dari aktivitas pada siswa yang mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 54,17%, pada siklus II sebesar 75% sedangkan pada siklus III sebesar 95,3%. Selain itu juga terjadi peningkatan pada kegiatan guru yang terlihat hasilnya pada siklus I sebesar 67,65%, pada siklus II sebesar 80,56% dan pada siklus III sebesar 95,83%. (2) Peningkatan hasil belajar siswa kelas VI di MI.NU. Miftahul Ulum 21 pada materi bagian-bagian lingkaran menggunakan media puzlle lingkaran mengalami peningkatan. Hal ini terlihat dari rata-rata klasikal hasil belajar yang diperoleh pada siklus I sebesar 71,75. Pada siklus II sebesar 85,25 dan pada siklus III sebesar 93,5.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Other)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Susanti, MakhidahUNSPECIFIED06050822150
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSutini, Sutinisutinimiskun@uinsby.ac.id2003017703
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Hasil belajar materi bagian-bagian lingkaran; puzlle lingkaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG)
Depositing User: Ainun Syarifah
Date Deposited: 01 Feb 2025 10:13
Last Modified: 01 Feb 2025 10:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/77148

Actions (login required)

View Item View Item