This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Naufal, Muhammad Firdanun (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADITS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CONCEPT MAPPING DI KELAS V MI DARUN NAJAH CERME GRESIK. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
LKPT89 Muhammad Firdanun Naufal.pdf Download (1MB) |
Abstract
Latar belakang penulisan ini adalah rendahnya pemahaman peserta didik pada pelajara Al-Qur’an Hadits Materi isi kandungan surat Al-Adiyat. Guru masih menggunakan metode yang konvensional yaitu ceramah pada mata pelajaran tersebut. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, penulis mengambil pembelajaran melalui pembelajaran kooperatif tipe Concept Mapping pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits materi isi kandungan surat Al-Adiyat. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Concept Mapping pada mata pelajaran Al- Qur’an Hadits Materi Isi Kandungan Surat Al-Adiyat di Kelas V MI Darun Najah?, (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits Materi Isi Kandungan Surat Al-Adiyat melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Concept Mapping di Kelas V Darun Najah Gresik?. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) dengan menggunakan model Kurt Lewin yang terdiri dari 2 siklus dengan menggunakan 4 tahapan yaitu Perencanaan, Tindakan, Pengamatan, dan Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian dari siklus I dan siklus II dapat disimpulkan sebagai berikut:(1) Penerapan pembelajaran kooperatif tipe Concept Mapping berjalan dengan baik melalui perbaikan pada tahap refleksi di setiap siklus. Hal tersebutdibuktikan dengan hasil peningkatan aktifitas guru dan aktifitas peserta didik dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I aktifitas guru memperoleh nilai 69,7 dengan kategori cukup, kemudian pada pada siklus II meningkat menjadi 85,5 dengan kategori sangat baik. Sedangkan nilai aktifitas peserta didik pada siklus I yaitu 77,1 dengan kategori baik, dan pada siklus II meningkat menjadi 97,9 dengan kategori sangat baik. (2) Peningkatan pemahaman peserta didik pada mata pelajaran Al- Qur’an Hadits materi isi kandungan surat Al- Ma’un mendapatkan nilai rata-rata hasil tes pada siklus I 76,3, dengan kategori baik, dan pada siklus II meningkat menjadi 86 dengan kategori sangat baik. Sedangkan persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I mendapatkan 76,37%, dengan kategori baik, dan pada siklus II meningkat menjadi 86,94% dengan kategori sangat baik.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Other) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Hasil Belajar |
||||||||
Keywords: | Pembelajaran kooperatif; concept mapping; pemahaman | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) | ||||||||
Depositing User: | Ainun Syarifah | ||||||||
Date Deposited: | 01 Feb 2025 10:15 | ||||||||
Last Modified: | 01 Feb 2025 10:15 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/77150 |
Actions (login required)
View Item |