PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA 8 SUBTEMA 2 “ BUMIKU DAN MUSIMNYA” SISWA KELAS VI MI NURUL ULUM GADUNGAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dardiri, Mohammad (2022) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA 8 SUBTEMA 2 “ BUMIKU DAN MUSIMNYA” SISWA KELAS VI MI NURUL ULUM GADUNGAN. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
LKPT94 Mohammad Dardiri.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pada pembelajaran tematik TEMA 8 SUBTEMA 2 kelas VI MI Nurul Ulum Gadungan didapatkan fakta bahwa hasil belajar siswa masih sangat rendah. Dari 18 siswa kelas VI MI Nurul Ulum ” diperoleh bahwa jumlah siswa yang masih di bawah KKM 78 % (14 orang siswa).Berdasarkan permasalahan tersebut maka salah satu model yang dapat digunakan untuk menciptakan suasana belajar yang aktif, dapat memecahkan masalah dalam proses pembelajaran yaitu model pembelajaran discovery learning. Pelaksanaan siklus I, guru belum guru belum mampu melakukan kegiatan pendahuluan.Siswa terlihat cukup aktif dalam berdiskusi dan malakukan ekperimen.Berdasarkan hasil tes pada siklus I dapat diketahui masih ada siswa yang belum mencapai KKM dan belum mencapai nilai ketuntasan secara klasikal. Pada siklus II, guru sudah mengalami peningkatan kualitas pembelajaran. Terjadi peningkatan aktivitas siswa pada siklus II,siswa terlihat lebih aktif dibandingkan siklus I. Sebagian besar antusias dan berani ketika menyampaikan pendapat. Berdasarkan hasil belajar , peneliti masih perlu untuk melakukan perbaikan pada pembelajaran . Siklus III guru pada sudah mengalami peningkatan kualitas pembelajaran yang signifikan .Pada pembelajaran yang dilaksanakan sudah menampakkan seluruh sintaks model pembelajaran discovery learning.Terjadi peningkatan aktivitas siswa. Berdasarkan hasil belajar siklus III menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa sesuai dengan indikator keberhasilan yang ditetapkan oleh peneliti . Hal ini membuktikan penerapan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Other)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dardiri, MohammadUNSPECIFIED06050821467
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSutini, Sutinisutinimiskun@uinsby.ac.id2003017703
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Model discovery learning; tema 8 sub tema 2; hasil belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG)
Depositing User: Ainun Syarifah
Date Deposited: 01 Feb 2025 10:21
Last Modified: 01 Feb 2025 10:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/77186

Actions (login required)

View Item View Item