This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Utomo, Sutrisno Satriyo (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MAPEL PAI MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING STRATEGI MAKE A MATCH SISWA KELAS V SD NEGERI 1 KEDUNGWANGI LAMONGAN. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
LKPT98 Sutrisno Satriyo Utomo.pdf Download (1MB) |
Abstract
Permasalahan yang melatar belakangi penelitian ini yaitu hasil belajar yang rendah dan juga penggunaan strategi pembelajaran yang bersifat konvensional. Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut dengan menerapkan strategi Make a Match yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas V SD Negeri 1 Kedungwangi Lamongan. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah pertama, bagaimana penerapan model Cooperative Learning Strategi Make a Match yang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mapel PAI di kelas V SD Negeri 1 Kedungwangi Lamongan ? kedua, bagaimana peningkatan hasil belajar peserta didik pada mapel PAI setelah diterapkan model Cooperative Learning Strategi Make a Match di Kelas V SD Negeri 1 Kedungwangi Lamongan ? Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan melalui 3 siklus dengan beberapa tahapan yaitu perencanaan, tindakan (kegiatan dan pelaksanaan), pengamatan (observasi), refleksi dan revisi. Selain itu, penelitian ini menggunakan beberapa metode penelitian seperti observasi, dokumentasi dan tes. Oleh karena itu, data yang diperoleh peneliti melalui data observasi di kelas dan dokumentasi hasil tindakan yang dilakukan. Selain itu, dengan penelitian tindakan ini akan diketahui peningkatan setelah proses tindakan persiklus. Penerapan model Cooperative Learning Strategi Make a Match yang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mapel PAI adalah dengan cara guru menyiapkan kartu berisi persoalan, permasalahan, dan berisi jawabannya. Siswa mencari pasangan yang cocok, sehingga mereka terlibat langsung dalam proses belajar mengajar. Hasil dari penelitian ini bahwa setelah menggunakan strategi pembelajaran Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas V SD Negeri 1 Kedungwangi Lamongan. Hasil belajar yang diperoleh adalah peningkatan hasil belajar peserta didik sesuai dengan KKM yaitu 75 dan pencapaian ketuntasan belajar yaitu 80%. Hal ini dapat dibuktikan dengan uraian berikut: pada hasil siklus I penelitian hasil belajar yang tuntas mencapai 55,56%. Kemudian pada siklus II hasil belajar peserta didik yang tuntas mencapai 72,22%. Selanjutnya pada siklus III hasil belajar peserta didik yang tuntas mencapai 83,33%. Oleh karena itu, dapat diartikan bahwa dengan menggunakan strategi Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri 1 Kedungwangi Lamongan.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Other) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar Pendidikan > Hasil Belajar |
||||||||
Keywords: | Hasil belajar; model cooperative learning; strategi make a match | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) | ||||||||
Depositing User: | Ainun Syarifah | ||||||||
Date Deposited: | 01 Feb 2025 10:24 | ||||||||
Last Modified: | 01 Feb 2025 10:24 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/77192 |
Actions (login required)
View Item |