PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ALQUR’AN HADITS MELALUI MODEL COOPERATIF LEARNING TIPE STAD PADA SISWA KELAS X MA. HIDAYATUL MUBTADDIIN DESA PEGANTENAN PAMEKASAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zainullah, Zainullah (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ALQUR’AN HADITS MELALUI MODEL COOPERATIF LEARNING TIPE STAD PADA SISWA KELAS X MA. HIDAYATUL MUBTADDIIN DESA PEGANTENAN PAMEKASAN. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
LKPT101 Zainullah.pdf

Download (771kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui penerapan metode kooperatif tipe stad dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang pengertian al-quran menurut para ahli 2) Untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa tentang pengertian al-quran menurut para ahli melalui metode kooperatif tipe stad pada siswa kelas X MA. Hidayatul Mubtadiin. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui metode Kooperatif Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa utamanya pada pata pelajaran Al-Quran Hadis. Hal tersebut dapat dilihat pada setiap siklus, pada pra-siklus hasil rata-rata hasil belajar siswa sebesar 61 dengan kategori tidak tuntas, dan hanya 5 siswa dari 15 siswa saja yang mencapai nilai rata-rata. Setelah dilakukan tindakan siklus I hasil belajar siswa naik menjadi 73,2 dalam siklus ini dikategorikan belum tuntas, dan hanya 8 siswa dari 15 siswa yang tuntas. Pada siklus II hasil belajar siswa siswa naik menjadi 76,13 dalam siklus ini dikategorikan tuntas namun masih di ambang batas dan ada beberapa siswa yang mengalami peningkatan dengan jumlah siswa tuntas sebanyak 12 siswa dan 3 siswa masih belum tuntas. Pada siklus III hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan dengan rata-rata nilai 77,06 dengan kategori tuntas, dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 14 siswa dan 1 siswa lainnya mendekati ketuntasan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Other)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zainullah, ZainullahUNSPECIFIED06050822341
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorChasanah, Uswatunuswatunchasanah@uinsby.ac.id89878786
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Hasil Belajar; model cooperatif learning
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG)
Depositing User: Ainun Syarifah
Date Deposited: 01 Feb 2025 10:26
Last Modified: 01 Feb 2025 10:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/77201

Actions (login required)

View Item View Item