This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Anwar, Khoirul (2022) PENERAPAN METODE DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI MATERI AKU SELALU DEKAT DENGAN ALLAH SWT KELAS X MIPA 4 SEMESTER 1 DI SMA NEGERI 1 MOJOSARI. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
LKPT103 Khoirul Anwar.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas X MIPA 4 di SMAN 1 Mojosari. Hal ini dikarenakan kurangnya memvariasikan metode belajar Pendidikan Agama Islam sehingga membuat siswa bosan dalam belajar dan kurang aktif dalam proses pembelajaran. Adapun salah satu metode pembelajaran yang membuat cara belajar siswa aktif yaitu metode discovery. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1). Bagaimana penerapan metode discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam materi Aku Selalu Dekat Dengan Allah SWT. (asmaul husna) siswa kelas X MIPA 4 di SMAN 1 Mojosari?, 2). Bagaimana efektifitas penerapan metode discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam materi Aku Selalu Dekat Dengan Allah SWT. (asmaul husna) siswa kelas X MIPA 4 di SMAN 1 Mojosari? dan tujuan penelitian ini adalah 1). Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas X MIPA 4 jika diterapkan metode discovery learning pada materi Aku Selalu Dekat Dengan Allah SWT. (asmaul husna) dalam proses pembelajaran. 2). Mengetahui efektifitas siswa dalam penerapan metode discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam materi Aku Selalu Dekat Dengan Allah SWT. (asmaul husna) siswa kelas X MIPA 4 di SMAN 1 Mojosari. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 4 di SMAN 1 Mojosari yang berjumlah 34 orang dan objek dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi Aku Selalu Dekat Dengan Allah SWT. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ialah observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tes awal keaktifan belajar siswa 9 atau 25% dan persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 37% (13 dari 34 siswa) dengan nilai ratarata yang diperoleh 68.9. Pada penerapan metode discovery di SMAN 1 Mojosari tahun 2016/2017 menunjukkan bahwa berlangsung dengan baik, hal ini didukung dari peningkatan aktivitas belajar siswa dengan total keaktifan siswa 25 pada akhir siklus I dan 34 pada akhir siklus II, dapat juga dilihat dari hasil belajar Pendidikan Agama Islam dengan persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 77% dengan nilai rata-rata kelas pada akhir siklus I 79 yang meningkat menjadi 91% dengan nilai rata-rata kelas 93 di akhir siklus II, maka penelitian ini sudah mencapai nilai yang diharapkan dan penelitian ini telah dapat dihentikan dengan nilai yang memuaskan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode discovery dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam materi Aku Selalu Dekat Dengan Allah SWT (asmaul husna) siswa kelas X MIPA 4 di SMAN 1 Mojosari tahun 2022/2023.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Other) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan > Metode |
||||||||
Keywords: | Metode discovery; hasil belajar | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) | ||||||||
Depositing User: | Ainun Syarifah | ||||||||
Date Deposited: | 01 Feb 2025 10:28 | ||||||||
Last Modified: | 01 Feb 2025 10:28 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/77203 |
Actions (login required)
View Item |