This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Thowilah, Thowilah (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMK SULTAN AGUNG KEMLAGI MOJOKERTO. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
LKPT108 Thowilah.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi yang dilakukan di SMK Sultan Agungternyata hasil belajar siswa kelas X rendah untuk materi PAI. Rendahnya hasil belajar materi PAI menunjukkan rendahnya pemahaman siswa terhadap materi. Model pembelajaran yang dipakai guru saat proses pembelajaran belum tepat sehingga siswa memiliki banyak pengetahuan tetapi tidak di latih untuk menemukan pengetahuan dan konsep, sehingga siswa kelas X cenderung lebih cepat bosan dalam mengikuti pelajaran yang berdampak pada rendahnya hasil belajar. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru perlu melakukan perubahan dan terobosan yang menarik, salah satunya adalah dengan menerapkan model pembelajaran PBL. Model ini diharapkan dapat menarik minat siswa khususnya siswa kelas X SMK sultan Agung untuk belajar Pendidikan agama islam sehingga diharapkan hasil belajarnya akan meningkat, karena siswa diajak langsung untuk mencari informasi, melakukan penyelidikan atau percobaan untuk menemukan konsep tentang materi pelajaran. Berdasarkan latar belakang di atas maka penulis ingin melakukan Penelitian Tindakan Kelas yang berkaitan dengan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa kelas X SMK Sultan Agung Kemlagi. tujuan penelitian ini adalah untuk 1. Mendeskripsikan perencanaan Model Problem Based Learning pada mata pelajaran PAI&BP dalammeningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMK Sultan Agung Kemlagi. 2. Mendeskripsikan penerapan Model Problem Based Learning pada mata pelajaran PAI&BP dalammeningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMK Sultan Agung Kemlagi. 3. Mendeskripsikan hasil belajar siswa setelah menggunakan Model Problem Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMK Sultan Agung pada Mata pelajaran PAI&BP. adapun hasil penelitian ini Penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi Pendidikan Agama Islam dapat meningkatkan hasil belajar siswa X SMK Sultan Agung Kemlagi Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa dengan 13 siswa (92,85 %) dari 14 siswa dan yang belum memenuhi KKM, 1 siswa (7,15 %) siswa diberikan remedial klasikal. Dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) kegiatan pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, siswa lebih aktif terlibat langsung, memberikan pengalaman langsung, dan pembelajaran lebih bermakna. Dalam kegiatan pembelajaran guru harus tetap memberikan pengawasan dan bimbingan supaya siswa tetap fokus ke materi pelajaran. Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat digunakan sebagai pendekatan pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna. Penulis merekomendasikan pembaca menggunakan cara pembelajaran PBL untuk mengganti cara lama yang pembelajaran bersifat siswa menjadi pasif dan membosankan.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Other) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Hasil Belajar |
||||||||
Keywords: | Model pembelajaran problem based learning; hasil belajar | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) | ||||||||
Depositing User: | Ainun Syarifah | ||||||||
Date Deposited: | 01 Feb 2025 10:36 | ||||||||
Last Modified: | 01 Feb 2025 10:36 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/77209 |
Actions (login required)
View Item |