This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Khoirunisak, Yuyun (2022) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PAI MELALUI PENERAPAN METODE UMPAN BALIK UNTUK SISWA KELAS VI SDN WINDUREJO 2 MOJOKERTO. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
LKPT120 Yuyun Khoirunisak.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan karena hasil belajar siswa pada pembelajaran PAI masih rendah. Hal ini dapat diketahui dari hasil wawancara guru dan hasil data siklus I menunjukkan 67% yang tuntas. Hal tersebut dikarenakan pembelajaran masih menggunakan ceramah atau teacher center, sehingga siswa merasa jenuh, ramai, siswa berpindah-pindah tempat dan bermain sesukanya. Siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM yaitu 10 siswa (67%) dari 15 siswa. Dari uraian di atas, peneliti melakukan perbaikan untuk meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan menerapkan model pembelajaranumpan balik. Rumusan masalah penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana penerapan metode umpan balik yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PAI di kelas 6 SDN Windurejo 2 Kecamatan Kutorejo Kabupaten Mojokerto? 2) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran PAI di kelas 6 SDN Windurejo 2 Kecamatan Kutorejo Kabupaten Mojokerto? Penelitian tindakan kelas (PTK) ini menggunakan model penelitian Kemis & Mc. Taggart. Pada penelitian ini terdiri dari tiga siklus, setiap siklus memiliki 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan tes tulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penerapan model pembelajaran metode umpan balik berjalan dengan baik. Pada siklus I skor hasil observasi aktivitas siswa yaitu 20% (kurang) dan siklus II 60% (cukup) dan pada siklus III meningkat menjadi 93% (baik) 2) peningkatan hasil belajar siswa pembelajaran PAI mengalami peningkatan. Hal tersebutdapat dilihat dari persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I yaitu 67% (kurang )siklus II 80% (baik) dan siklus III meningkat menjadi 100%
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Other) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan > Metode |
||||||||
Keywords: | Hasil belajar; metode umpan balik | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) | ||||||||
Depositing User: | Ainun Syarifah | ||||||||
Date Deposited: | 01 Feb 2025 10:50 | ||||||||
Last Modified: | 01 Feb 2025 10:50 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/77227 |
Actions (login required)
View Item |