Pengaruh konseling Islam dengan teknik reinforcement negatif terhadap peningkatan kedisilinan remaja di Desa Tropodo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wandari, Devita Ayu (2024) Pengaruh konseling Islam dengan teknik reinforcement negatif terhadap peningkatan kedisilinan remaja di Desa Tropodo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Devita Ayu Wandari_04040321110.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Devita Ayu Wandari_04040321110_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 11 February 2028.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling islam dengan teknik reinforcement negatif terhadap peningkatan kedisiplinan belajar seorang remaja di desa tropodo. Dalam penelitian ini menggunakan metode single-subject research (SSR) digunakan untuk mengevaluasi treatment yang diterapkan pada satu subjek atau satu orang saja.Desain penelitian yang di gunakan adalah A-B-A. Tahap A1 sebagai pengambilan data pada saat sebelum dilaksanakan konseling atau diberikan treatment untuk mendapatkan data yang stabil, pada tahap B yakni pengumpulan data pada sesi konseling yang bertujuan mengukur pengaruh intervensi yang telah di lakukan, pada tahap A2 bertujuan untuk melihat pengaruh dari intervensi setelah tidak lagi diberikan konseling. Tahap Bseline 1 dilaksanakan sebanyak 3 sesi untuk mengukur tingkat kestabilan perilaku yang dialami oleh konseli dengan cara observasi yang dilakukan dengan waktu 1 pekan untuk 1 sesi hingga data terlihat stabil. Pada tahap Intervensi dilakukan sebanyak 3 sesi pada rentang waktu 6 hari untuk melihat pengaruh intervensi selama proses konseling. Pada tahap Baseline 2 dilakukan sebanyak 1 sesi pada rentang waktu satu pekan untuk melihat pengaruh perubahan perilaku setelah tidak lagi diberikan konseling. Hasil penelitian ini menunjuk kan bahwa Konseling islam dengan teknik reinforcement negatif berpengaruh dalam meningkatkan kedisiplinan belajar, yang meliputi kepatuhan terhadap peraturan, pengendalian diri. Persentase keberhasilan terapi ini ditandai dengan hasil overlab 0% yang menandakan bahwa konseling islam dengan teknik reinforcement negetif berpengaruh terhadap peningkatan kedisiplinan belajar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wandari, Devita Ayudevitaayuwandari18@gmail.com04040321110
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuwatah, Suwatahsuwatah@uinsa.ac.id2115126401
Thesis advisorThohir, Mohamadmohamadthohir@uinsby.ac.id2017057902
Subjects: Remaja
Keywords: Konseling Islam; reinforcement negatif; kedisiplinan belajar
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: devita wandari
Date Deposited: 11 Feb 2025 02:46
Last Modified: 11 Feb 2025 02:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/77228

Actions (login required)

View Item View Item