UPAYA PENINGKATAN MENGENAL ANGKA MELALUI KARTU ANGKA PADA ANAK KELOMPOK B2 DI RA HIDAYATULLAH BRATANG SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2022-2023

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zuliati, Nur Ayni (2022) UPAYA PENINGKATAN MENGENAL ANGKA MELALUI KARTU ANGKA PADA ANAK KELOMPOK B2 DI RA HIDAYATULLAH BRATANG SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2022-2023. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
LKPT122 Nur Ayni Zuliati.pdf

Download (599kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya mengenal angka pada anak kelompok B di RA Hidayatullah Bratang Kota Surabaya. Hal ini disebabkan proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru (teacher centered). Dan menggunakan metode klasikal, kurangnya pemanfaatan media pembelajaran. Rumusan Masalah pada penelitian ini yaitu : 1. Bagaimana kemampuan mengenal angka pada anak kelompok B dengan menggunakan media kartu angka di RA Hidayatullah Surabaya? 2. Apakah terjadi peningkatan kemampuan mengenal angka pada siswa kelompok B sebelum dan setelah menggunakan kartu angka? Dalam penelitian ini pembahasan yang akan diuraikan adalah upaya yang dilakukan untuk dapat meningkatkan kemampuan mengenal angka dan apakah dengan kegiatan yang dilakukan dapat meningkatkan kemampuan mengenal angka pada anak kelompok B tahun pelajaran 2022/2023 di RA Hidayatullah Bratang Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis & Mc Taggart. Penelitian ini terdiri dari pra siklus, siklus I, dan siklus II dan siklus III. Pada siklus I, II dan III terdapat empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah sebagai berikut : 1) Kegiatan mengenalkan angka dengan kartu angka terbukti berhasil. Hal ini dapat dilihat pada hasil penelitian aktivitas anak selama siklus I, II dan siklus III. Penilaian observasi nilai rata- rata pada kegiatan mengenal angka pada siklus I sebesar 46,67 (Mulai Berkembang), siklus II mengalami peningkatan dengan nilai sebesar 67.67, (Berkembang sesuai Hrapan), dan siklus III sebesar 87,67 (Berkembang dengan Baik). 2) Adanya kegiatan mengenal angka dengan kartu angka selama proses pembelajaran, hasil prosentase ketuntasan belajar dalam meningkatkan kreativitas anak Berkembang sesuai Harapan. Persentase ketuntasan kemampuan mengenal angka pada anak pada siklus I sebesar 43% (Mulai Berkembang), pada siklus II 67% (Berkembang Sesuai Harapan), siklus III sebesar 87 % (Berkembang Sangat Baik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Other)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zuliati, Nur AyniUNSPECIFIED06050822215
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPangastuti, Ratnaratnapangastuti@hotmail.com2003118103
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Media
Keywords: Peningkatan mengenal angka; kartu angka
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG)
Depositing User: Ainun Syarifah
Date Deposited: 01 Feb 2025 10:53
Last Modified: 01 Feb 2025 10:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/77244

Actions (login required)

View Item View Item