PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN FIQIH MATERI MACAM - MACAM NAJIS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF CARD SORT PADA PESERTA DIDIK KELAS I MIS TAHSINUL AKHLAQ KEC. TAMBAKSARI KOTA SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rachmawati, Esty (2022) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN FIQIH MATERI MACAM - MACAM NAJIS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF CARD SORT PADA PESERTA DIDIK KELAS I MIS TAHSINUL AKHLAQ KEC. TAMBAKSARI KOTA SURABAYA. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
LKPT125 Esty Rachmawati.pdf

Download (884kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masalah masih rendahnya Prestasi Belajar peserta didik MIS Tahsinul Akhlaq Tambaksari Kota Surabaya, dan dalam menyampaikan pembelajaran, guru masih mempergunakan model pembelajaran langsung (direct instruction) dan metode ceramah. Model pembelajaran langsung adalah model pembelajaran yang tidak mengajarkan bagaimana siswa untuk aktif, tapi hanya guru yang aktif dalam memberikan pembelajaran. Dengan demikian, penggunaan model tersebut secara tidak langsung telah menurunkan keaktifan peserta didik sehingga berpengaruh terhadap prestasi belajar peserta didik secara bertahap. Oleh karenanya, dalam penelitian ini “Bagaimana peningkatan prestasi belajar fiqih materi macam -macam najis dengan model pembelajaran aktif Card Sort pada peserta didik kelas 1 MIS Tahsinul Akhlaq Kec Tambaksari Kota Surabaya?. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan model penelitian tindakan dari Kemmis dan Taggart yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini bertujuan agar guru lebih kreatif dan inovatif dalam memilih model pembelajaran yang bervariasi, agar peserta didik dapat meningkatkan Prestasi Belajarnya sesuai dengan standar ketuntasan yang ditetapkan. Adapun teknik pengumpulan data akan menggunakan tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Tes digunakan untuk melihat Prestasi Belajar Mapel Fiqih peserta didik kelas I MIS Tahsinul Akhlaq Kec Tambaksari Kota Surabaya. Sedangkan, untuk wawancara, observasi, dan dokumentasi digunakan sebagai data pendukung dari hasil tes.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Other)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rachmawati, EstyUNSPECIFIED06050822441
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuda, Muhammad Nurilnuril.huda@uinsby.ac.id2027068001
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Prestasi Belajar
Keywords: Prestasi belajar; model pembelajaran aktif (active learning)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG)
Depositing User: Ainun Syarifah
Date Deposited: 01 Feb 2025 10:56
Last Modified: 01 Feb 2025 10:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/77247

Actions (login required)

View Item View Item