This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Purnamasari, Cici (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MAPEL PAI DAN BP UNTUK SISWA KELAS VIII SMP NU BAHRUL ULUM GRESIK. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
LKPT127 Cici Purnamasari.pdf Download (1MB) |
Abstract
Motivasi belajar siswa yang rendah pada mapel PAI dan BP menjadi masalah utama dalam penelitian ini yaitu bagaimana penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mapel PAI dan BP untuk siswa kelas VIII SMP NU Bahrul Ulum Gresik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa pada mapel PAI dan BP setelah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk siswa kelas VIII SMP NU Bahrul Ulum Gresik yang pada awalnya memiliki motivasi belajar yang rendah. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Room) yang terdiri dari tiga siklus di mana setiap siklus dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-E sebanyak 33 anak. Hasil penelitian menunjukkan motivasi belajar siswa dapat dilihat dari rata- rata hasil observasi motivasi belajar siswa pratindakan yaitu 52,98 karena proses pembelajaran yang digunakan oleh guru hanya model ceramah dan tanya jawab saja, oleh karena itu guru menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga pada siklus I mencapai rata-rata 77,23. Karena masih ada siswa yang motivasi belajarnya rendah, maka guru melakukan penelitian pada siklus II mencapai rata-rata 80,35. Karena masih ada siswa yang belum fokus pada materi pelajaran PAI dan BP maka guru melakukan penelitian lagi pada siklus ke III, ternyata motivasi belajar siswa memperoleh skor 83,48 dan menunjukkan tingkat tinggi karena semua siswa sudah memiliki motivasi belajar yang tinggi. Dari pemaparan tersebut jika dilihat dari siklus I, II, dan III motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran ProblemBased Learning (PBL) mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa kelas VIII dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL).
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Other) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Hasil Belajar |
||||||||
Keywords: | Motivasi; kegiatan model pembelajaran problem based learning (PBL) | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) | ||||||||
Depositing User: | Ainun Syarifah | ||||||||
Date Deposited: | 01 Feb 2025 14:59 | ||||||||
Last Modified: | 01 Feb 2025 14:59 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/77249 |
Actions (login required)
View Item |