This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Shalehati, Jamilatus (2022) PENERAPAN METODE MODELING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI MATA PELAJARAN AL QUR’AN HADIS DI MI TANWIRUL HIJA JUNOK SRESEH SAMPANG. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
LKPT128 Jamilatus Shalehati.pdf Download (433kB) |
Abstract
keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran masih sangat kurang hal ini karena siswa belum memahami konsep materi dan kesulitan menyelesaikan tugastugas yang diberikan, sementara diketahui daya tangkap siswa berbeda- beda. Pada pembelajaran metode modeling, anak-anak di libatkan dalam memilih topik-topik pembelajaran yang menarik perhatian dan ingin di ketahui lebih dalam. dapat di lakukan secara individu maupun kelompok yang mana anak berbagai tanggung jawab, membina hubungan, menghargai orang lain. Permasalahan yang di jumpai dalam pembelajaran, hususnya pelajaran alquran hadis bagaimana cara menyajikan materi kepada siswa secara baik sehingga di peroleh hasil yang efektif dan efesien. masalah lainnya yang sering di dapat adalah kurangnya perhatian guru terhadap variasi penggunaan metode mengajar dalam upaya peningkatan mutu pengajaran secara baik. penelitian bertujuan untuk ingin mengetahui bagaimana penerapan metode modeling untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran al-quran hadis di MI. Tanwirul Hija Junok Sreseh Sampang tahun pelajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) metode modeling berupa hasil belajar melalui test dan post tes. penelitian ini bersifat kolaboratif dimana guru al-qur’an hadis dan peneliti saling bekerjasama. Subjek penelitianya adalah siswa kelas VI MI Tanwirul Hija Junok Sreseh Sampang dengan jumlah 13 siswa. Hasil belajar al-qur’an hadis dapat ditingkatkan melalui penerapan metode modeling pada siswa kelas VI MI Tanwirul Hija Junok Sreseh Sampang. Buktinya terlihat dari Proses pembelajaran yang diketahui berhasil dan berkualitas apabila seluruhnya atau setidak-tidaknya sebagaian besar 70% peserta didik terlibat secara aktif baik secara fisik, mental maupun sosial dalam proses pembelajaran. Selain itu keberhasilan penelitian ini dapat dirumuskan yaitu apabila nilai mata pelajaran Alqur’an Hadits siswa telah mencapai KKM/nilai rata-rata yang telah ditetapkan MI Tanwirul Hija Desa Junok Kecamatan Sreseh Kabupaten Sampang yaitu 70.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Other) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Metode |
||||||||
Keywords: | Metode modeling; hasil belajar al-qur’an hadis | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) | ||||||||
Depositing User: | Ainun Syarifah | ||||||||
Date Deposited: | 01 Feb 2025 15:00 | ||||||||
Last Modified: | 01 Feb 2025 15:00 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/77250 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |