This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Hamdanah, Hamdanah (2022) Peningkatkan prestasi belajar siswapada mata pelajaran PAI dengan metode discovery learning di SDN 015 Tanah Grogot. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
LPTK 7 Hamdanah.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pendidikan Agama Islam merupakan bagian penting dalam Pendidikan. PendidikanAgama Islam harus dipelajari dan dipahami oleh umat islam karena sangat penting peranannya dalam kehidupan. Pendidikan Agama Islam mempunyai konsep-konsep yangakan mampu membentuk Akhlak Islami seseorang sesuai dengan Syari’at Agama Islam. Adapun tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar melalui model pembelajaran discovery learning pada materi kandungan surah at-tin pada peserta didik kelas V SDN 015 Tanah Grogot. Metode penelitian pada dasarnya merupakan cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bersifat kolaboratif dengan menggabungkan beberapa pihak, yaitu guru, peserta didik, dan peneliti sendiri. PTK dilakukan untuk memperoleh penemuan yang signifikan secara operasional, sehingga dapat digunakan ketika kebijakan digunakan. PTK digunakan untuk meneliti sebuah peristiwa tertentu untuk menemukan sebuahtindakan perbaikan atau perubahan ke arah lebih baik atau berkualitas. Berdasarkan hasil tes yang telah dilaksanakam dengan menerapkan strategi pembelajaran Discovery Learning pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam materi Arti Surah At-Tin selama 3 siklus, pada siklus I rata-rata kelas didapatkan 77,7 dengan prosentase ketuntasan 55,% dimana siswa tuntas hanya sebanyak 5 siswa dan siswa tidak tuntas adalah 4 orang, Indikator keberhasilan Penelitian Tindakan Kelas belum tercapai, Oleh karena itu, Penelitian Tindakan Kelas akan dilanjutkan pada siklusberikutnya, siklus 2. Pada siklus 2 diperoleh peningkatan nilai rata-rata prestasi belajar peserta didik dengan strategi pembelajaran Discovery Learning diperoleh peningkatan nilai rata-rata prestasi belajar peserta didik adalah rata-rata kelas didapatkan 81,6 dengan prosentase ketuntasan 75,5,% dimana siswa tuntas hanya sebanyak 6 siswa dan siswa tidak tuntas adalah 3 orang. Oleh karena itu, Penelitian Tindakan Kelas akan dilanjutkan pada siklus berikutnya, siklus 3. Pada siklus 3 diperoleh peningkatan nilai rata-rata prestasi pada siklus III rata-rata kelas didapatkan 91,6 dengan prosentase ketuntasan 100,% dimana siswa tuntas hanya sebanyak 8 siswa dan siswa tidak tuntas adalah 0 orang. Dari hasil-hasil tersebut membuktikan bahwa model pembelajaran discovery learning dengan metode-metode yang peneliti gunakan dapatmeningkatkan prestasi peserta didik dalam ranah kognitif.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Other) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan > Prestasi Belajar | ||||||||
Keywords: | Prestasi belajar;pendidikan agama islam;Metode discovery learning | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) | ||||||||
Depositing User: | Ainun Syarifah | ||||||||
Date Deposited: | 06 Feb 2025 01:42 | ||||||||
Last Modified: | 06 Feb 2025 02:57 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/77282 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |