Peningkatan hasil belajar siswa materi iman kepada qadha dan qadar melalui pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayat, Wahyu (2022) Peningkatan hasil belajar siswa materi iman kepada qadha dan qadar melalui pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
LPTK37. Wahyu Hidayat.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan model pembelajraran kooperatif tipe jigsaw materi iman kepada Qadha dan Qadar dapat meningkatkan hasil belajar PAI dan Budi pekerti pada peserta didik kelas IX SMP Jakarta Islamic School. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 4 langkah yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi yang dilakukan dalam tiga siklus. Dengan subjek penelitian yakni peserta didik kelas IX yang berjumlah 16 siswa. Adapun analisis data yang dilakukan adalah mengumpulkan semua data kemudian dianalisis dengan membuat tabulasi persentase yang disajikan dalam bentuk tabel selanjutnya menguji keberhasilan penelitian dengan cara membandingkan hasil pengolahan data dengan indikator keberhasilan antara pra siklus dan setiap siklus Hasil belajar siswa pada pra siklus peserta didik yang tuntas sebanyak 9 peserta didik dan yang belum tuntas sebanyak 7 dengan nilai rata-rata 77,6. Pada Siklus I peserta didik yang sudah tuntas sebanyak 10 (62,5%) dan yang belum tuntas sebanyak 6 (37,5%), dengan nilai rata-rata 78,4. Pada Siklus II peserta didik yang sudah tuntas sebanyak 12 (75%) dan yang belum tuntas sebanyak 4 (25%), dengan nilai rata-rata 85,4. Dan pada Siklus III peserta didik yang sudah tuntas sebanyak 16 (100%) dan yang belum tuntas sebanyak 0 (0%), dengan nilai rata-rata 86,4.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Other)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayat, WahyuUNSPECIFIED0650822761
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTaufik, Taufiktaufiksiraj@uinsa.ac.id2002027303
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Hasil belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG)
Depositing User: Ainun Syarifah
Date Deposited: 06 Feb 2025 02:11
Last Modified: 06 Feb 2025 02:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/77306

Actions (login required)

View Item View Item