This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Aprianto, Rahmadhani Nofyan (2022) Penerapan model pembelajaran discovery learning pada materi pelajaran meyakini qodo dan qodar melahirkan semangat bekerja untuk meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik Kelas Xii TITL 1 SMK Persatuan 2 Tulangan Tahun Pelajaran 2022/ 2023. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
LPTK41.Rahmadhani Nofyan Aprianto2.pdf Download (1MB) |
Abstract
Dalam proses pembelajaran dikelas aktifitas belajar peserta didik masih banyak menunjukan sikap kurang percaya diri dalam berpendapat serta kemampuan berpikir kritis yang cenderung rendah. Hal ini disebabkan karena kurangnya keterlibatan peserta didik secara aktif selama proses pembelajaran berlangsung. Rendahnya kemampuan berpikir kritis dan keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran dapat berkaibat pada model belajar yang hanya menghafal materi pelajaran sesuai dengan buku sehingga proses belajar menjadi tidak bermakna. Hal demikian menjadi alasan perlu ditingkatkannya aktivitas belajar dan kemampuan berpikir kritis pada peserta didik dengan penerapan model pembelajaran Dicovery Learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) penerapan model pembelajaran Descovery Learning terhadap aktivitas belajar dan kemampuan berfikir kritis peserta didik pada materi Meyakini Qodo’ dan Qodar Melahirkan Semangat Bekerja. 2) hasil penerapan model pembelajaran Descovery Learning terhadap aktivitas belajar dan kemampuan berfikir kritis peserta didik pada materi Meyakini Qodo’ dan Qodar Melahirkan Semangat Bekerja. Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti melakukuan beberpa langkah penelitian dengan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi selama tiga siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) penerapan model pembelajaran Descovery Learning terhadap aktivitas belajar dan kemampuan berfikir kritis peserta didik pada materi Meyakini Qodo’ dan Qodar Melahirkan Semangat Bekerja dilaksanakan sesuai rencana meliputi stimulus, identifikasi masalah,pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian data dan penyusunan kesimpulan hasil belajar oleh peserta didik mengalami peningkatan dengan menegaskan kepada peserta didik untuk menulis tujuan pembelajaran memberikan apersepsi atau motivasi yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari, menekankan kepada peserta didik untuk bekerja sama pada saat diskusi, mewajibkan setiap peserta didik mengunakan hp dengan bijaksana serta menuliskan hasil hipotesis dan hingga kesimpulan hasil belajar di buku catatan pribadi 2) hasil penerapan model pembelajaran Descovery Learning terhadap aktivitas belajar dan kemampuan berfikir kritis peserta didik pada materi Meyakini Qodo’ dan Qodar Melahirkan Semangat Bekerja menunjukkan adanya peningkatan setiap siklus yaitu dari 77, 66 % pada siklus I menjadi 84.66% pada siklus II dan meningkat pada siklus ke III yaitu 88,33. Sedangkan pada nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis peserta didik juga terjadi peningkatan yaitu dari 73,33% pada siklus I meningkat menjadi 82 % pada siklus II dan meningkat menjadi 86 % pada siklus III.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Other) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan > Pembelajaran | ||||||||
Keywords: | Model pembelajaran | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) | ||||||||
Depositing User: | Ainun Syarifah | ||||||||
Date Deposited: | 06 Feb 2025 02:15 | ||||||||
Last Modified: | 06 Feb 2025 03:36 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/77309 |
Actions (login required)
View Item |