This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Ulum, M. Bahrul (2009) ANALISIS KONSEP PENDIDIKAN ISLAM AL MAWARDI DALAM KITAB ADAB AD DUNYA WA AD DIN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
cover.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text
daf.isi.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak.pdf Download (82kB) | Preview |
|
|
Text
bab1.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf Download (79kB) | Preview |
|
|
Text
bab4.pdf Download (39kB) | Preview |
|
|
Text
bab3.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text
bab5.pdf Download (11kB) | Preview |
|
|
Text
daf.pustaka.pdf Download (23kB) | Preview |
Abstract
Manusia merupakan makhluk yang multi dimensial. Bukan saja karena manusia secara teologis adalah subjek yang memiliki potensi untuk mengembangkan pola kehidupannya akan tetapi lebih dari itu sekaligus juga menjadi objek dalam keseluruhan aktivitas dan kreatifitasnya. Manusia secara individu terlahir tanpa memiliki apapun, tetapi ia telah dilengkapi dengan fitrah yang memungkinkannya menguasai berbagai pengetahuan dan peradaban. Dalam rangka pemberdayaan potensi inilah, manusia membutuhkan sebuah proses yang dinamakan pendidikan.
Al-Mawardi adalah seorang tokoh pemikir Islam yang hidup pada masa kejayaan peradaban Islam. Beliau mempunyai dedikasi tinggi dalam dunia pendidikan. Ini dibuktikan dengan karya beliau yaitu kitab Adab Ad-Dunya Wa Ad-din. Dalam kitab tersebut dijelaskan tentang konsep dan pandangan beliau tentang pendidikan.
Menurut Al-Mawardi, manusia mempunyai dua potensi dasar yaitu akal dan hawa. Akal membawa kecenderungan manusia untuk berbuat baik sedangkan hawa memiliki kecenderungan membawa manusia untuk berprilaku buruk. potensi akal manusia dapat mengontrol kecenderungan untuk berprilaku buruk, ketika potensi akal manusia diberdayakan melalui bimbingan seorang guru.
Berangkat dari hal ini, menurut Al-Mawardi pendidikan harus dilakukan dalam rangka mengembangkan dan memberdayakan potensi akal manusia untuk mewujudkan sebuah prilaku yang baik dalam rangka mewujudkan kebahagiaan yang paripurna. Untuk itu pendidikan harus dilakukan dalam kerangka melatih pola kerja akal secara terus menerus dalam merespon lingkungan.
Bentuk kegiatannya bisa dilakukan dengan mengisi akal dengan pengetahuan kognitif serta memperteguh keimanan. Selain itu, proses pendidikan ini harus dilakukan dalam upaya bagaimana pendidikan memberikan kebebasan kepada anak didik untuk menjadi mandiri dan menjadi dirinya sendiri.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Prophetic Intelligence | ||||||
Keywords: | Al Mawardi; Adab al Dunya wa al Din; Adabud Dunya Wad Din | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 31 Oct 2009 | ||||||
Last Modified: | 11 Feb 2015 03:41 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/7731 |
Actions (login required)
View Item |