This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Hari, Iin Devina (2009) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Kancing Gemerincing terhadap peningkatan motivasi belajar bidang studi Pendidikan Agama Islam Kelas VIII SMP Negeri 1 Panceng Gresik. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Iin Devina Hari_D31205077 ok.pdf Download (10MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah Pendidikan merupakan salah satu kebutuhan hidup yang sangat penting. Hal ini sangat berdasar mengingat pendidikan dijadikan sebagai salah satu tolok ukur tingkat kesejahteraan manusia. Dan semakin banyaknya model-model pembelajaran dalam dunia pendidikan, tetapi tidak relevan dengan peserta didik untuk membawa mereka kepada kehidupan bermasyarakat disini peneliti temukan model pembelajaran yang cocok untuk diterapkan didunia pendidikan khususnya di SMPN 1 Panceng Gresik yakni pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing. Pada model pembelajaran ini siswa dituntut untuk aktif dan semua siswa mempunyai kesempatan yang sama untuk mengeluarkan pendapat. Adapun kelebihan dari model ini adalah untuk mengatasi hambatan pemerataan kesempatan kerja kelompok. Dalam banyaknya kelomok terkadang ada anggota yang banyak bicara dan juga ada yang terlalu dominan. Olehh karena itu peneliti mengadakan penelitian dengan menggunakan rumusan masalah sebagai berikut: 1.Bagaimanakah penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kancing Gemerincing di SMP N I Panceng Gresik? 2.Bagaimana motivasi belajar siswa pada bidang studi PAI di Kls VIII SMP N I Panceng Gresik? 3.Apakah ada pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kancing Gemerincing Dalam Meningkatkan motivasi Belajar PAI Kls VIII SMPN I Panceng Gresik? Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif Deskriptif. Data yang diperoleh dan dianalisis dengan rumus prosentase dan wilcoxson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing di SMP Negeri 1 Panceng Gresik berjalan cukup baik, hal ini sesuai dengan yang ada pada data angket peneran guru sebesar 70.92% dari hasil prosentase yang berada diantara 56 – 75% 2) motivasi belajar siswa cukup baik berdasarkan hasil prosentase sesuai dengan prosentase sebesar 74.69% yang berada diantara 56% – 75% 3) hasil data tersebut menunujukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerin terhadap peningkatan motiivasi belajar siswa SMP Negeri 1 Panceng Gresik karena t hitung = 36.5. dan jika di konsultasikan pada tabel tarafnyata (α) = 5% = 0,05, maka kesimpulannya adalah t hitung dari t tabel dan hipotesanya adalah H1 diterimah dan H0 tolak.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan > Pembelajaran | ||||||||
Keywords: | Pembelajaran kooperatif | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||||
Date Deposited: | 31 Oct 2009 | ||||||||
Last Modified: | 09 Oct 2024 03:11 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/7733 |
Actions (login required)
View Item |