This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Imaroh, Ning (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS III SD MUHAMMADIYAH 1 NGIMBANG. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
LKPT137 Ning Imaroh.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini di latarbelakangi oleh beberapa permasalahan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran kelas III mata pelajaran PAI SD Muhammadiyah 1 Ngimbang. Nilai pencapaian siswa saat diadakan penilaian belum mencapai KKM yang telah ditetapkan. Berdasarkan observasi diketahui bahwa aktivitas peserta didik yang pasif dalam mengikuti proses pembelajaran dan kurangnya variasi guru dalam menggunakan metode mempengaruhi rendahnya hasil belajar dan aktivitas belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengatahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa siswa kelas III mata pelajaran PAI SD Muhammadiyah 1 Ngimbang pada pembelajaran PAI dengan menggunakan metode pembelajaran Project Based Learning. Metode pembelajaran ini tergolong baru bagi pembelajaran PAI di SD Muhammadiyah 1 Ngimbang oleh sebab itu antusiasme peserta didik cukup tinggi untuk mengikuti pelajaran ini Penelitian ini termasuk dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Tiap siklusnya terdiri dari satu kali pertemuan. Satu siklus terdiri dari 4 tahap kegiatan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan dan tahap refleksi. Subjek penelitian ini adalah kelas III SD Muhmammadiyah 1 Ngimbang dengan jumlah 33 peserta didik terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 18 siswi perempuan, pada pembelajaran PAI tema Surat An-Nashr semester ganjil tahun 2022/2023 dengan menggunakan kurikulum 2013. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif Hasil penelitian ini menunjukan bahwa aktivitas belajar peserta didik pada siklus I sebesar 65,7 % dan pada siklus II mengalami peningkatan 1 0 % menjadi 75%, dan siklus III mengalami peningkatan 90 % Untuk hasil belajar peserta didik yang mencapai KKM pada pembelajaran surat an-nashr, rata-rata ketuntasan pada siklus I adalah 65,7% dan pada siklus III mengalami peningkatan 1,5% menjadi 90%. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa ditandai dengan tercapainya kriteria ketuntasan minimum (KKM) dengan rata-rata ketuntasan mencapai 90% pada pembelajaran PAI tema surat an-nashr.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Other) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Hasil Belajar |
||||||||
Keywords: | Penelitian; hasil belajar; project based learning | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) | ||||||||
Depositing User: | Ainun Syarifah | ||||||||
Date Deposited: | 04 Feb 2025 13:57 | ||||||||
Last Modified: | 04 Feb 2025 13:57 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/77333 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |