Upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bangun datar melalui media papan bergambar di Kelas 1 MI Nurul Islam Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ita, Agustina (2022) Upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bangun datar melalui media papan bergambar di Kelas 1 MI Nurul Islam Surabaya. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
LPTK 52. Ita Agustina.pdf

Download (26MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilakukan karena melihat kondisi peserta didik yang kurang berantusias dalam mengikuti pembelajaran matematika. Hal ini disebabkan karena kurangnya penggunaan media serta kreativitas dan inovasi guru dalam memilih metode pembelajaran dalam menyajikan penugasan pada peserta didik, sehingga para peserta didik merasa jenuh mengikuti serangkaian pembelajaran dengan metode pembelajaran yang diberikan oleh guru.Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini yaitu: 1) untuk mengetahui penerapan media papan bergambar pada materi bangun datar kelas 1 MI Nurul Islam Surabaya. 2) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik setelah pembelajaran dengan berbantuan media papan bergambar pada materi bangun datar kelas I MI Nurul Islam Surabaya Metode penelitian tindakan kelas ini menggunakan metode pembelajaran dengan berbantuan media papan bergambar, yang dilakukan dalam tiga siklus dengan serangkaian empat tahapan yaitu: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Observası, dan 4) Refleksi. Subjek pada penelitian tindakan kelas ini yaitu peserta didik kelas I MI Nurul Islam Surabaya. Sedangkan untuk teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observast, wawancara, tes, angket dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan pembelajaran pada pembelajaran berbantuan media papan bergambar berlangsung dengan sangat baik. Skor aktivitas guru pada siklus 1: 69,57 (cukup) naik pada siklus II: 85,87 (baik) dan naik pada siklus III 94.57 (sangat baik). Pada aktivitas peserta didik juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus I: 68,75 (cukup) menjadi 82.81 (baik) pada sıklos ke II dan meningkat pada siklus ke III: 92.19 (sangat baik) 2) Peningkatan hasıi belaja peserta didik dengan metode pembelajaran berbantuan media papan bergambar juga baik Peningkatkan hasil belajar peserta didik juga dapat dilihat darı jumlah peserta didik yang tuntas belajar pada siklus 1 adalah 45%, siklus II adalah 70% dan naik menjadi 85 peserta didik yang tuntas belajar poda siklus ke III Perdekatkan hasıl belajar peserta dalik juga dapat dilihat dari motryast peserta didik. Hal ini diketahui diri hasil skot persentase angket respun poslil sang terlihat dari peserta sidik yang termotivasi untuk belajar yaxud (cukup) kemudian meningkat menjadi 82/13 (Baik dan meningkat pada siklus ke III menjadi 91.25 sangat baka peserta didik yang berlomba tomba semangat belajar untuk mendapatkan milar yang terbaik

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Other)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ita, AgustinaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSadieda, Lisanul Uswahlisanuluswah@uinsby.ac.id2026098302
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Hasil belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG)
Depositing User: Ainun Syarifah
Date Deposited: 04 Feb 2025 15:16
Last Modified: 06 Feb 2025 04:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/77345

Actions (login required)

View Item View Item