This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Rahman, Muhamamd Faidi (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI MADRASAH IBTIDAIYAH MIFTAHUL ULUM BENERWOJO KABUPATEN PASURUAN TEMA GLOBALISASI MELALUI MODEL KOOPERATIF. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
LKPT144 Muhamamd Faidi Rahman.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ni dilatar belakangi oleh hasil observasi yang dilakukan di kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Benerwojo, proses KBM dengan mengukur berpikir kritis dalam pembelajaran Tema 4 Globalisasi muatan pelajaran IPA dan IPS masih kurang. Perihal tersebut di lihat dari; Pertama, pada saat guru menunggu untuk kesempatan siswa dalam mengajukan pertanyaan atau pendapat, 1 sampai 3 orang yang bertanya mengenai masalah tersebut, sisanya tidak ada yang bertanya dan memilih diam saja. Kedua, siswa belum bisa menghubungkan keterkaitan masalah yang ada pada masyarakat dengan teori pada buku Tema 4 Globalisasi muatan pelajaran IPA dan IPS sehingga sulit untuk melakukan tanya jawab dalam pertanyaan tersebut. Ketiga, siswa masih terbiasa mengobrol saat pembelajaran berlangsung hal ini berpengaruh pada tingkat kemampuan berpikir kritis ketika guru bertanya pada siswa tersebut karena kurang memperhatikan pembelajaran dikelas. Keempat, ketika guru memberikan pertanyaan pada siswa mengenai konflik/permasalahan pada lingkungan sekitar, siswa belum bisa untuk memutuskan kausalitas (sebab- akibat) pada konflik/permasalahan yang diberikan oleh pendidik. Kurangnya mencermati dan menafsirkan pada diri siswa sehingga tidak dapat menjawab dengan sempurna. Dari keseluruhan hasil penelitian perbaikan pembelajaran Tema 4 Globalisasi muatan pelajaran IPA dan IPS siswa Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Benerwojo, dapat disimpulkan bahwa: 1. Penggunaan metode kooperatif learning dapat meningkatkan kinerja guru dalam pembelajaran Tema 4 Globalisasi muatan pelajaran IPA dan IPS siswa Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Benerwojo 2. Penggunaan metode kooperatif learning dapat meningkatkan aktivitas siswa pembelajaran Tema 4 Globalisasi muatan pelajaran IPA dan IPS siswa Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Benerwojo 3. Penggunaan metode kooperatif learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Tema 4 Globalisasi muatan pelajaran IPA dan IPS siswa Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Benerwojo
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Other) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Hasil Belajar |
||||||||
Keywords: | Hasil belajar; model kooperatif | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) | ||||||||
Depositing User: | Ainun Syarifah | ||||||||
Date Deposited: | 04 Feb 2025 14:08 | ||||||||
Last Modified: | 04 Feb 2025 14:08 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/77350 |
Actions (login required)
View Item |