Meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui model discovery learning pada materi PAI Kelas IX SMPN 13 Tanah Grogot

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Damrah, Damrah (2022) Meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui model discovery learning pada materi PAI Kelas IX SMPN 13 Tanah Grogot. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
LPTK61. Damrah.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan dalam proses pembelajaran yang cenderung menggunakan konsep yang cenderung abstrak dengan metode ceramah tanpa menggunakan sarana yang ada di sekolah sehingga pembelajaran cenderung didominasi oleh guru, tanpa ada peran aktif dari siswa. Pendidikan ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Discovery Learning dalam Peningkatkan hasil belajar matapelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas IX SMPN 13 Tanah Grogot. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menerapkan model penelitian dari Kemiss dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilakukan dengan 3 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX SMPN 13 Tanah Grogot sebanyak 9 Peserta Didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan observasi, tes, dokumentasi dan teknik analisis data yang digunakan yaitu Kurt Lewis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan rata-rata persentase hasil belajar yang diperoleh dapat dilihat dari prasiklus, siklus I, Siklus II siklus III. Rata-rata hasil belajar siswa pada prasiklus sebesar 33,33%, siklus I meningkat menjadi 66,667%, siklus II meningkat menjadi 77,78% dan sklus III 100%. Adapun hasil observasi guru pada siklus I mendapatkan skor 50 dengan kategori baik dan mengalami peningkatan padasiklus II dan III sebesar 57 skor dengan kategori amat baik. Sedangkan hasil observasi siswa pada siklus I mendapatkan 26 dengan kategori cukup dan mengalami peningkatan pada siklus II dan sebesar 35 dengan kategori baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Other)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Damrah, DamrahUNSPECIFIED0640189000329
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorChasanah, Uswatunuswatunchasanah@uinsby.ac.id89878786
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Hasil belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG)
Depositing User: Ainun Syarifah
Date Deposited: 04 Feb 2025 15:23
Last Modified: 06 Feb 2025 04:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/77359

Actions (login required)

View Item View Item