This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Rahayu, Iin Rasmi (2021) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN FIQIH BAB SHALAT BERJAMA’AH MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DI KELAS II MI IMAM BONJOL SUMBERSARI. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
LKPT146 Iin Rasmi Rahayu.pdf Download (1MB) |
Abstract
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1.Bagaimanakah penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaran Fiqih materi Sholat Berjamaah pada peserta didik kelas II MI Imam Bonjol Kab. Jember Tahun 2020- 2021 2. Bagaimana meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan metode Demonstrasi pada materi Shalat berjamaah dalam pembelajaran Fiqih yang diberikan pada peserta didik kelas II MI Imam Bonjol Kab Jember ?. adapun tujuan penelitian ini adalah 1.Untuk mengetahui penerapan metode demonstrasi dalam meningkatkan mata pelajaran Fiqih materi Sholat Berjamaah pada peserta didik kelas II MI Imam Bonjol Kec. Sumbersari Kota Jember Tahun ajaran 2020-2021. 2. Untuk mengetahui peningkatan metode demonstrasi sebagai hasil belajar materi shalat berjamaah pada mata pelajaran Fiqih. hasil penelitian ini meliputi Berdasarkan hasil Analisa data dapat diambil kesimpulan bahwa Sebagian responden memberikan respon / perhatian yang positif terhadap upaya yang dilakukan guru PAI khususnya guru FIQIH di dalam meningkatkan hasil belajar siswanya melalui metode yang digunakan dalam menyampaikan pembelajarannya yaitu melalui metode demontrasi yang merupakan salah satu alternatif oleh guru Fiqih di Madrasah Ibtidaiyah IMAM BONJOL. 2. Pelaksanaan metode demontrasi tersebut cukup berhasil dengan baik, hal tersebut di tunjukkan dengan indikasi- indikasi sebagai berikut : a. Nilai peserta didik cenderung naik jika dilihat sesudah diterapkannya metode demontrasi ini nilai peserta didik mengalami kenaikan baik berupa nilai ulangan harian, ulangan semester maupun nilai Raport. b. Sesudah diterapkannya metode demontrasi ini peserta didik lebih memahami penjelasan dari gurunya langsung dan juga memperoleh gambaran yang jelas dari hasil pengamatannya. c. Diterapkannya metode demontrasi ini peserta didik merasa senang apabila ia ikut aktif dalam kegiatan keagamaan ( ibadah ) yang diadakan di sekolah atau masjid.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Other) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Metode |
||||||||
Keywords: | Hasil belajar; metode demonstrasi | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) | ||||||||
Depositing User: | Ainun Syarifah | ||||||||
Date Deposited: | 04 Feb 2025 14:10 | ||||||||
Last Modified: | 04 Feb 2025 14:10 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/77365 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |