UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FIQIH MELALUI PENERAPAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS I MI ISLAMIYAH PODANG SINGGAHAN TUBAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Umaroh, Durrotul (2022) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FIQIH MELALUI PENERAPAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS I MI ISLAMIYAH PODANG SINGGAHAN TUBAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
LKPT147 Durrotul Umaroh.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran yang kurang menarik dan menyenangkan, sehingga siswa sehingga siswa merasa bosan, jenuh, dan kurang kosentrasi dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Hal ini disebabkan karena ketika pembelajaran berlangsung seorang guruhanya menggunakan metode ceramah dan monoton.sehingga hal ini berdampak pada hasil belajar siswayang masih dibawah KKM. Maka dari itu harus ada perubahan dari guru dalam mengajar didalam kelas agar siswa dapat merespon dengan aktif materi yang sudah diterangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode demonstrasi pada pembelajaran fiqih dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 1 MI Islamiyah Podang Singgahan Tuban Tahun Pelajarn 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penilitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari tiga siklus dan setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan,observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini terdiri dari 16 siswa kelas I MI Islamiyah Podang Singgahan Tuban Tahun Pelajaran 2022/2023. Hasil penelitian menunjukan bahwa : Dengan, bagaimana penerapan metode demontrasi pada pembelajaran Fiqih pada siswa Kelas 1 MI Islamiyah Podang Singgahan Tuban Tahun Pelajarn 2022/2023 mampu meningkatkan hasil belajar siswa secara bertahap. Dari hasil observasi Pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar peserta didik adalah 67,18 dan ketuntasan klasikalnya mencapai 37,5%. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata peserta didik adalah 72,18 dan ketuntasan klasikalnya mencapai 56,25%. Dan pada siklus III nilai rata-rata peserta didik adalah 80,31 dan ketuntasan klasikal 87,5% (setelah penggunaan metode demonstrasi). Dari pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) siklus pertama, kedua, ketiga, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa dalam pembelajaran Fikih pada kelas I MI Islamiyah Podang Singgahan Tuban.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Other)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Umaroh, DurrotulUNSPECIFIED06050822065
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuda, Muhammad Nurilnuril.huda@uinsby.ac.id2027068001
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Metode
Keywords: Hasil belajar; metode demonstrasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG)
Depositing User: Ainun Syarifah
Date Deposited: 04 Feb 2025 14:11
Last Modified: 04 Feb 2025 14:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/77368

Actions (login required)

View Item View Item