Penerapan Metode Diskusi dalam Meningkatkan Pemahaman PesertaDidik pada Pelajaran Akidah Akhlak Materi Qoda dan Qodar di Kelas VI MI Manbail Huda Kaliuntu Jenu Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mustopa, Mustopa (2022) Penerapan Metode Diskusi dalam Meningkatkan Pemahaman PesertaDidik pada Pelajaran Akidah Akhlak Materi Qoda dan Qodar di Kelas VI MI Manbail Huda Kaliuntu Jenu Tuban. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
LPTK 73. Mustopa.pdf

Download (1MB)

Abstract

LPTK ini bertujuan untuk melakukan Penelitian tindakan kelas kan gambaran penerapan metode Diskusi pada pembahasan melaui tema qada dab qadar di kelas VI MI Manbail Huda Kaliuntu Kecamatan Jenu Kabuopaten Tuban 2. Mendeskrisipakan pemahaman Peserta didik mengenai qada dan qadar `pada pembelajaran akidah akhlak materi Qodo dan Qodar di kelas VI MI Manbail Huda Kaliuntu Jenu 3. Mendeskrispam tingkat pemehaman peserta didik melalui medo diskusi pada tema qada dan qadar berdasarkan pembahasan yang sudah ada maka Metode diskusi terbukti sangat efektif untuk meningatkan motivasi hasil bejalar penedidikan agama Islam ( AKIDAH AKHLAK ). Hal tersebut nampak pada peroleh nilai post siklus (I) yaitu (72,8%) dan nilai postes (II) yaitu (76,85) dan pada siklus III yaitu ( 80.2). 2. Peroleh nilai pada posttes siklus I samakidah akhlak Postes pada siklus III nenunjukkan adanya peningkatan dari 73.35 pada pada siklus III sudah melampaui standar KKM yaitu 75 3. Motivasi dan hasil berlajar akidah akhlak di SDN 56 Paradaya dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode diskusi kegairahan belajar nampak hidup di kalangan siswa dari pada dengan menggunakan metode tradisional (ceramah) 4. Dengan menggunakan metode diskusi proses lebih efektif karena sumber belajar tidak berpusat pada pada guru melaikan berpusat pada siswa dan guru hanya sebagai fasilitator.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Other)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mustopa, MustopaUNSPECIFIED06050822199
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMansyuri, Arifmansyuri@uinsby.ac.id0730037901
Subjects: Pendidikan > Metode
Keywords: Metode;pemahaman siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG)
Depositing User: Ainun Syarifah
Date Deposited: 04 Feb 2025 15:34
Last Modified: 04 Feb 2025 15:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/77382

Actions (login required)

View Item View Item