PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI HUKUM BACAAN MIM SUKUN MATA PELAJARAN AL-QURAN HADITS MELALUI STRATEGI TRUE OR FALSE PADA SISWA KELAS V MI MUHAMMADIYAH SALAMREJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Widodo, Burhanuddin (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI HUKUM BACAAN MIM SUKUN MATA PELAJARAN AL-QURAN HADITS MELALUI STRATEGI TRUE OR FALSE PADA SISWA KELAS V MI MUHAMMADIYAH SALAMREJO. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
LKPT153 Burhanuddin Widodo.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan data nilai siswa pada materi mim sukun, menjelaskan bahwa jumlah kelas V sebanyak 25 anak, secara rinci terdapat 10 perempuan dan 15 laki-laki. Hasil belajar dalam pelajaran Al-Qur’an Hadits materi hukum bacaan mim sukun disebutkan dengan presentase 52% siswa yang belum mampu memahami materi hukum bacaan mim sukun atau belum mencapai KKM, dan 48% siswa yang sudah memahami materi atau sudah mencapai KKM. tujuan penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui penerapan strategi true or false dalam meningkatkan hasil belajar materi hukum bacaan mim sukun mata pelajaran Al- Qur’an Hadits bagi siswa kelas V MI Muhammadiyah Salamrejo. 2. Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam materi hukum bacaan mim sukun mata pelajaran Al-Qur’an Hadits setelah diterapkannya strategi true or false pada siswa kelas V MI Muhammadiyah Salamrejo.Adapun Berdasarkan hasil penelitian dari siklus I dan II yang telah dilakukan oleh peneliti, pembahasan dan analisa yang telah dilakukan oleh peneliti, dengan menerapkan strategi true or false pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits materi hukum bacaan mim sukun pada kelas V di MI Muhammadiyah Salamrejo dapat diambil kesimpulan bahwa : 1. Pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an Hadits materi hukum bacaan mim sukun dengan metode true or false pada kelas V MI Muhammadiyah Salamrejo dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa. Hal ini dapat dibuktikan dari peningkatan antara aktivitas guru dan siswa pada siklus I dan II yaitu mengalami peningkatan sejumlah 3,12 poin dan 5,25 dengan aktivitas guru memperoleh nilai dari 93,75 naik menjadi 96,87. Sedangkan aktivitas siswa mengalami peningkatan yaitu dari 92,12 menjadi 97,37. 2. Terdapat peningkatan hasil belajar dalam pelajaran Al-Qur’an Hadits materi hukum bacaan mim sukun menggunakan strategi true or false pada kelas V MI Muhammadiyah Salamrejo. Hal ini dapat dibuktikan dari perolehan nilai rata-rata siswa dan presentase ketuntasan siswa yang mengalami peningkatan pada siklus I dan II yaitu sejumlah 2,16 poin dan 2%. Nilai rata-rata siswa dari 83 menjadi 83,16 sedangkan presentase ketuntasan dari 83% menjadi 85%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Other)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Widodo, BurhanuddinUNSPECIFIED06050822058
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFaizin, Moh.faizin-ahwan@yahoo.com2015087202
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Hasil belajar; strategi true or false
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG)
Depositing User: Ainun Syarifah
Date Deposited: 04 Feb 2025 14:23
Last Modified: 04 Feb 2025 14:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/77401

Actions (login required)

View Item View Item