This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Asriningsih, Asriningsih (2022) PENINGKATAN KETRAMPILAN MEMBACA MELALUI PENERAPAN MEDIA KARTU KATA PADA ANAK KELOMPOK B DI TK DHARMA WANITA PERSATUAN MOJOTENGAH GRESIK. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
LKPT159 Asriningsih.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak kelompok B di TK Dharma Wanita Persatuan Mojotengah Gresik menggunakan media kartu kata bergambar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan membaca permulaan anak kelompok B di TK Dharma Wanita Persatuan Mojotengah Gresik serta guru masih sering menggunakan (LKPD) Lembar Kerja Peserta Didik, papan tulis, dan spidol sebagai pembelajaran membaca permulaan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara luring. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B di TK Dharma Wanita Persatuan Mojotengah Gresik yang berjumlah 15 anak yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah kemampuan membaca permulaan menggunakan kartu kata bergambar. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, sedangkan teknik analisis data digunakan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media kartu kata bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak kelompok B di TK Dharma Wanita Persatuan Mojotengah Gresik. Peningkatan ini dapat dilihat dari hasil observasi yang meningkat pada setiap siklusnya. Peningkatan dari sebelum tindakan/pra tindakan sebesar 41,66%, pada Siklus I kegiatan menghubungkan benda dengan kartu bergambar memperoleh prosentase sebesar 63,33%, dan pada Siklus II dengan kegiatan menghubungkan benda dengan kartu kata yang sesuai memperoleh presentasae sebesar 71,66%. Sedangkan pada siklus III yaitu melengkapi kata dengan huruf yang sesuai memperoleh presentasae sebesar 90,00 %. Adapun keberhasilan tersebut dilakukan dengan permainan papan flannel huruf pada kartu kata dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) mempersiapkan media kartu kata, kartu huruf dan papan flanel, (2) memberitahukan tema pembelajaran serta menjelaskan cara bermain/memberi contoh. (3) anak mengambil kartu kata dan menempelkan kartu huruf (4) anak bermain serta melakukan sesuai perintah dan contoh guru dalam pembelajaran kemampuan membaca pada indikator sesuai yang direncanakan peneliti, dan (5) memotivasi anak.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Other) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Media |
||||||||
Keywords: | Kemampuan membaca permulaan; media kartu kata bergambar | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) | ||||||||
Depositing User: | Ainun Syarifah | ||||||||
Date Deposited: | 04 Feb 2025 14:31 | ||||||||
Last Modified: | 04 Feb 2025 14:31 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/77429 |
Actions (login required)
View Item |