This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Latuliu, Nurlaila (2024) UPAYA MENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI SUMBER ENERGI ALTERNATIF MELALUI METODE GALLERY WALK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI MIT ISHAKA AMBON. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
LKPT161 Nurlaila Latuliu.pdf Download (5MB) |
Abstract
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana upaya meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran IPA materi Sumber Energi Alternatif melalui metode gallery walk berbasis problem based learning (PBL) di MIT Ishaka Ambon?. Adapun Tujuan dari penelitian ini yaitu, mengetahui upaya meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran IPA materi Sumber Energi Alternatif melalui metode gallery walk berbasis problem based learning (PBL) di MIT Ishaka Ambon. Hail Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang telah dilaksanakan pada siswa kelas VI MIT Ishaka dengan penerapan metode gallery walk berbasis problem based learning (PBL) dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus 1 dan sisklus 2. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan; 1) Tahapa perencanaan. 2) Tahap pelaksaan tindakan, 3) Tahap Observasi dan 4) Tahap refleksi. Berdasarkan hasil dan pembahsan yang di peroleh, maka disimpulkan bahwa keaktifan pembelajaran siswa pada pembelajaran IPA materi sumber energi alternative telah meningkat melalui metode gallery walk berbasis problem based learning (PBL). Peningkatan keaktifan tersebut dapat dilihat dari hasil observasi yang diperoleh dari setiap siklus. Keaktifan siswa sebelum tindakan (pra siklus) sebesar, 59,62%. Pada siklus 1 persentase keaktifan meningkat sebesar 76,08% dan untuk siklus II, persentase keaktifan lebih meningkat sebesar 82,69%. Hal ini menunjukkan bahwa siswa kelas VI MIT Ishaka Ambon telah mencapai kriteria baik dalam keaktifan belajar seperti yang diharapkan. Keaktifan siswa melalui metode gallery walk berbasis Problem based learning (PBL) materi sumber enegi alternative dikatan berhasil.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Other) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Metode |
||||||||
Keywords: | Keaktifan siswa; metode gallery walk; problem based learning | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) | ||||||||
Depositing User: | Ainun Syarifah | ||||||||
Date Deposited: | 04 Feb 2025 14:34 | ||||||||
Last Modified: | 04 Feb 2025 14:34 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/77431 |
Actions (login required)
View Item |