UPAYA MENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI SUMBER ENERGI ALTERNATIF MELALUI METODE GALLERY WALK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI MIT ISHAKA AMBON

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Latuliu, Nurlaila (2024) UPAYA MENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI SUMBER ENERGI ALTERNATIF MELALUI METODE GALLERY WALK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI MIT ISHAKA AMBON. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
LKPT161 Nurlaila Latuliu.pdf

Download (5MB)

Abstract

Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana upaya meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran IPA materi Sumber Energi Alternatif melalui metode gallery walk berbasis problem based learning (PBL) di MIT Ishaka Ambon?. Adapun Tujuan dari penelitian ini yaitu, mengetahui upaya meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran IPA materi Sumber Energi Alternatif melalui metode gallery walk berbasis problem based learning (PBL) di MIT Ishaka Ambon. Hail Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang telah dilaksanakan pada siswa kelas VI MIT Ishaka dengan penerapan metode gallery walk berbasis problem based learning (PBL) dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus 1 dan sisklus 2. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan; 1) Tahapa perencanaan. 2) Tahap pelaksaan tindakan, 3) Tahap Observasi dan 4) Tahap refleksi. Berdasarkan hasil dan pembahsan yang di peroleh, maka disimpulkan bahwa keaktifan pembelajaran siswa pada pembelajaran IPA materi sumber energi alternative telah meningkat melalui metode gallery walk berbasis problem based learning (PBL). Peningkatan keaktifan tersebut dapat dilihat dari hasil observasi yang diperoleh dari setiap siklus. Keaktifan siswa sebelum tindakan (pra siklus) sebesar, 59,62%. Pada siklus 1 persentase keaktifan meningkat sebesar 76,08% dan untuk siklus II, persentase keaktifan lebih meningkat sebesar 82,69%. Hal ini menunjukkan bahwa siswa kelas VI MIT Ishaka Ambon telah mencapai kriteria baik dalam keaktifan belajar seperti yang diharapkan. Keaktifan siswa melalui metode gallery walk berbasis Problem based learning (PBL) materi sumber enegi alternative dikatan berhasil.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Other)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Latuliu, NurlailaUNSPECIFIED06250822449
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAbdillah, Husniabdillahhusni.ha@gmail.com0724128602
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Metode
Keywords: Keaktifan siswa; metode gallery walk; problem based learning
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG)
Depositing User: Ainun Syarifah
Date Deposited: 04 Feb 2025 14:34
Last Modified: 04 Feb 2025 14:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/77431

Actions (login required)

View Item View Item