MENINGKATKAN HAFALAN HADIS PENDEK MELALUI METODE GERAKAN PADA ANAK KELOMPOK B DI RA AL HIKMAH SEMPLAK BOGOR

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rokhayati, Rokhayati (2024) MENINGKATKAN HAFALAN HADIS PENDEK MELALUI METODE GERAKAN PADA ANAK KELOMPOK B DI RA AL HIKMAH SEMPLAK BOGOR. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
LKPT162 Rokhayati.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Kegiatan hafalan hadis pendek pada anak kelompok B dengan menggunakan metode konvensional (klasikal). Metode konvensional ini membuat anak mudah jenuh dan bosan. Banyak anak yang tidak mengikuti dan berbicara sendiri. Peran orang tua dalam mengenalkan hadis di rumah masih rendah. Sehingga hafalan anak tentang hadis pendek masih sangat kurang. Jika dibiarkan terus menerus maka tujuan mengenalkan hadis pada AUD tidak akan tercapai dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaiman hasil metode Gerakan dalam hafalan hadis pendek pada anak kelompok B RA Al Hikmah Semplak Bogor. Adapun subjek penelitian ini yaitu anak didik kelompok B RA Al Hikmah. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, dengan mengambil latar penerapan metode gerakan untuk hafalan hadis kebersihan pada anak kelompok B RA Al Hikmah Semplak Bogor. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, Unjuk kerja dan dokumentasi. Analisis data yang terkumpul dan tersusun secara sistematis kemudian disimpulkan.hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam Pelaksanaan Program Pembelajaran Hafalan Hadis kebersihan kelompok B RA Al Hikmah sebelum menggunakan metode Gerakan hasilnya sangat rendah yaitu 40% atau 6 anak dari 15 anak yang sudah hafal hadis pendek. Setelah menerapkan metode Gerakan hafalan hadis kebersihan anak kelompok B RA Al Hikmah mengalami peningkatan pada setiap siklus. Pada siklus I prosentase kenaikan mencapai 20% yaitu dari 40% menjadi 60% atau dari 6 anak menjadi 9 anak dari 15 anak yang hafal hadis kebersihan. Pada siklus II meningkat 20% dari 60% menjadi 80% atau dari 9 anak menjadi 12 anak yang hafal hadis kebersihan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode gerakan efektif diterapkan pada hafalan hadis pendek pada kelompok B RA Al Hikmah Semplak Bogor.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Other)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rokhayati, RokhayatiUNSPECIFIED06250822503
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPangastuti, Ratnaratnapangastuti@hotmail.com2003118103
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Metode
Keywords: Metode gerakan; hafalan hadis; RA al hikmah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG)
Depositing User: Ainun Syarifah
Date Deposited: 04 Feb 2025 14:34
Last Modified: 04 Feb 2025 14:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/77434

Actions (login required)

View Item View Item