This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Fahrudin, Ahmad Surya (2022) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MATERI HORMAT DAN TAAT KEPADA ORANG TUA DAN GURU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI BP DI KELAS IX SMP NEGERI 223 JAKARTA. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
LKPT174 Ahmad Surya Fahrudin.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakang oleh hasilobservasi yang dikajujan di SMP NEGERI 223 jAKARTA bahwa siswa cenderung pasif dalam setiap pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam seringkali masih dilakukan secara konvensional. Siswa menerima materi pelajaran yang cenderung kurang memberi sikap responsif antara guru dan siswa. Bila diamati materi ajar yang disampaikan tidak sult, akan tetapi metode pengajaran yang diberikan kepada siswa kurang menarik, akibatnya berdampak pada kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik siswa. Permasalahan yang kemudian muncul di lapangan sehubungan hal tersebut adalah peserta didik merasa kurang antusias selama mengikuti pembelajaran yang belangsung, 4 ketika guru menerangkan banyak diantaranya yang tidak memperhatikan dan sibuk dengan kegiatan masing-masing seperti mengobrol, bercanda bahkan ada yang keluar masuk ruangan. Dengan model pembelajaran yang masih konvensional membuat peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan. Hal ini berdampak pada kurangnya pemahaman konsep peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Salah satunya ditandai dengan rendahnya hasil belajar peserta didik. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti didapatkan hasil bahwa secara umum nilai rata- rata kelas hanya mencapai 65 dari nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum) yang telah ditentukan untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI BP) di sekolah tersebut yaitu 75. Dengan presentase rata-rata 42 % peserta didik di kelas IX menguasai mata pelajaran PAI BP sedangkan 58% peserta didik kurang menguasai dan memahami mata pelajaran PAI BP. Hal ini menunjukan bahwa sebagian besar peserta didik kurang menguasai dan memahami mata pelajaran PAI BP. Penelitian ini bertujuan 1. Untuk memperoleh dan mendeskripsikan data mengenai peningkatan pembelajaran tentang materi menuai keberkahan dengan rasa hormat dan taat kepada orang tua dan guru melalui penggunaan Model Discovery Learning di SMPN 223 Jakarta 2. Untuk memperoleh dan mendeskripsikan data mengenai peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran PAI BP materi menuai keberkahan dengan rasa hormat dan taat kepada orang tua dan guru melalui penggunaan Model Discovery Learning di SMPN 223 Jakarta.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Other) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Hasil Belajar |
||||||||
Keywords: | Model discovery learning; hasil belajar | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) | ||||||||
Depositing User: | Ainun Syarifah | ||||||||
Date Deposited: | 04 Feb 2025 14:47 | ||||||||
Last Modified: | 04 Feb 2025 14:47 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/77459 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |