This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Mustakim, Mustakim (2022) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI PKN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) DI KELAS III MI AL HUDA SURABAYA. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
LKPT178 Mustakim.pdf Download (1MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada tingkat pemahaman Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran 3. disebabkan guru kurang memfariasikan model pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan siswa baik secara individual maupun kelompok. Tujuan penelitian mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep pada materi PKn dengan menggunakan model Cooverative Learning tipe Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas III MI Al Huda Surabaya. Penelitian ini menggunakan PTK dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan 3 kali siklus dimana siklus I dilaksanakan 1 kali pertemuan dan siklus II dilaksananan 1 kali pertemuan dan siklus III dilaksanakan 1 kali pertemuan. Hasil penelitian terlihat bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil peningkatan RPP siklus I, RPP siklus II, RPP siklus III. Pembelajaran Tematik pada tahap Prasiklus bahwa pembelajaran Tematik yang menggunakan metode pembelajaran tradisional disertai kegiatan monoton yaitu membaca dan menulis menjadikan siswa kurang termotivasi dalam meningkatkan pemahaman. Sehingga siswa yang aktif hanya berkisar 55%, dan siswa yang mampu menjawab dengan benar berkisar 30%. Oleh karena itu, salah satu upaya yang dilakukan peneliti dalam meningkatkan pemahaman siswa yaitu melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT yang dilakukan dalam peningkatan pemahaman Subtema 1 Kewajiban dan Hakku di Rumah pada siswa kelas III MI Al Huda Surabaya Tahun Ajaran 2022/2023? 2) Bagaimana peningkatan pemahaman Subtema 1 Kewajiban dan Hakku di Rumah melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas III MI Al Huda Surabaya Tahun Ajaran 2022/2023? Metode penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis Mc. Taggart yang terdiri dari tiga siklus dengan empat tahapan yaitu, 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktifitas guru dan siswa, lembar wawancara, lembar tes butir soal pilihan ganda dan uraian, serta dokumentasi. iii Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dalam penelitian ini terjadi peningkatan skor dari hasil observasi aktivitas guru pada siklus I yaitu 79,76 (Cukup) menjadi 85,71 (Baik) pada siklus II, pada siklus III menjadi 90,26 (Sangat Baik). Sedangkan hasil observasi siswa pada siklus I memperoleh skor 69,31 (Kurang Baik) meningkat menjadi 82,95 (Baik), siklus III meningkat menjadi 84,66 (Sangat Baik). 2) Pemahaman subtema 1 melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT mengalami peningkatan. Peningkatan pemahaman siswa dapat dilihat dari perolehan nilai rata-rata dari siklus I yaitu 76,61 (Cukup) meningkat menjadi 82,13 (Baik), meningkat menjadi 89,66 ( Sangat Baik) pada siklus III, pada siklus I dengan perolehan persentase 40% (Kurang Baik) siklus II mengalami peningkatan menjadi 86,66% (Baik), menjadi 93,33% (Sangat Baik).
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Other) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Pembelajaran |
||||||||
Keywords: | Peningkatan pemahaman; model pembelajaran kooperatif tipe NHT (numbered heads together) | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) | ||||||||
Depositing User: | Ainun Syarifah | ||||||||
Date Deposited: | 04 Feb 2025 14:53 | ||||||||
Last Modified: | 04 Feb 2025 14:53 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/77465 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |