Upaya meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran PAI materi iman kepada rasul-rasul Allah SWT Kelas XI AK 3 di SMKN 2 Bunduran Kab. Sidoarjo Tahun Pelajaran 2022/2023

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aisyah, Siti (2022) Upaya meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran PAI materi iman kepada rasul-rasul Allah SWT Kelas XI AK 3 di SMKN 2 Bunduran Kab. Sidoarjo Tahun Pelajaran 2022/2023. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
LKPT181 Siti Aisyah.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa selama pembelajaran luring. Dalam penelitian ini, peneliti menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Hal ini dilakukan agar siswa lebih mudah menerima materi pembelajaran karena model pembelajaran yang digunakan interaktif dan menghadirkan simulasi pembelajaran yang lebih kontekstual kepada siswa. Penelitian dilaksanakan melalui siklus 1 hingga siklus 2 dan memungkinkan sampai siklus 3 pada pembelajaran luring yang dilakukan sesuai jadwal. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) yang merupakan jenis penelitian kualitatif. Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas XI AK 3 SMKN 2 Buduran. Metode pengumpulan data dari penelitian ini antara lain tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan untuk mengetahui keefektifan suatu metode, media, model, atau strategi dalam kegiatan pembelajaran. Data yang telah terkumpul akan dianalisis secara deskriptif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah Siswa dikatakan tuntas dalam belajar apabila mendapat nilai ≥ 75 (Kriteria Ketuntasan Minimum), sedangkan ketuntasan klasikal dikatakan tercapai apabila seluruh siswa dalam kelas tersebut tuntas mencapai ≥ 80%. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada siklus 1 yaitu sebesar 74%, kemudian pada siklus 2 hasil belajar kembali meningkat menjadi 94%, dan mencapai 100% pada siklus 3. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Other)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aisyah, SitiUNSPECIFIED06050822687
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuda, Muhammad Nurilnuril.huda@uinsby.ac.id2027068001
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Peningkatan hasil belajar; model pembelajaran problem based learning
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG)
Depositing User: Ainun Syarifah
Date Deposited: 04 Feb 2025 14:55
Last Modified: 06 Feb 2025 04:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/77469

Actions (login required)

View Item View Item