This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Juliasyah, Indra (2024) Peningkatan hasil belajar Al Quran Hadits materi mad thabii melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada siswa Kelas VII MTs Negeri 1 Oku Selatan. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
LKPT183 Indra Juliasyah.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi di MTsN 1 OKU Selatan. Dari hasil observasi tersebut diperoleh bahwa terdapat respon yang negatif dalam proses pembelajaran yang berlangsung. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya peserta didik yang kurang antusias terhadap pembelajaran Al-Qur’an Hadits, yang metode mengajarnya hanya ceramah dan dikte membuat peserta didik kurang termotivasi dan tertarik. Keadaan tersebut tergambar melalui hasil ulangan harian atau penialaian harian sebelum dilakukan penelitian tindakan kelas. Adapun nilai yang didapatkan sebelum dilakukan penelitian tindakan kelas (PTK) yaitu hanya terdapat 15 dari 40 peserta didik yang memiliki nilai di atas KKM/KKTP atau 37,5 % sisanya 35 orang dengan nilai dibawah 70 atau 87,5 %. Adapun tujuan penelitian ini adalah 1. Untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan model Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits. 2. Untuk mendeskripsikan apakah hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits dapat ditingkatkan dengan penerapan model Problem Based Learning (PBL).Berdasarkan analisis dan pembahasan penelitian tindakan kelas ini, maka peneliti menyimpulkan bahwa setelah diadakan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) pada materi mad thabi’i dapat diketahui dari hasil tes pada siklus I dan siklus II, selalu terjadi peningkatan. Nilai rata-rata pada ulangan harian yaitu 62,31% masih di bawah nilai KKM pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits, dari siswa yang telah tuntas prestasi belajaranya 37,5% atau 15 siswa sedangkan 87,5% belum tuntas atau 35 siswa. Setelah dilakukan penilitian tindakan kelas pada siklus I nilai rata-rata tes evaluasi sebesar 65,38% walaupun mengalami peningkatan, namun belum 0 5 10 15 20 25 30 35 40 Nilai > 70 Nilai < 70 "Peningkatan Hasil Belajar" Pra Siklus Siklus 1 Siklus 2 43 mencapai ketuntasan minimal, dari 23 siswa 57,5% mencapai ketuntasan dan 17 siswa atau 42,5% belum tuntas. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata pada siklus ini sebesar 73,85 merupakan nilai dalam kategori baik dan telah mencapai nilai ketuntasan minimal yaitu 70,00, dari 40 siswa 90% mencapai ketuntasan atau 36 siswa dan 10% tidak tuntas atau 4 siswa. Hasil yang dicapai pada siklus II merupakan bukti bahwa model pembelajaran problem based learning (PBL) pada materi mad thabi’i dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas VII di MTs Negeri 1 OKU Selatan.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Other) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Hasil Belajar |
||||||||
Keywords: | Peningkatan hasil belajar; penerapan model pembelajaran problem based learning | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) | ||||||||
Depositing User: | Ainun Syarifah | ||||||||
Date Deposited: | 04 Feb 2025 14:56 | ||||||||
Last Modified: | 06 Feb 2025 04:40 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/77471 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |