Upaya meningkatan hasil belajar peserta didik melalui model discovery learning materi rukun iman pelajaran PAI Kelas I Semester Ganjil UPT SDN 019 Kota Baru Tahun Pelajaran 2023/2024

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nadhiroh, Umy (2023) Upaya meningkatan hasil belajar peserta didik melalui model discovery learning materi rukun iman pelajaran PAI Kelas I Semester Ganjil UPT SDN 019 Kota Baru Tahun Pelajaran 2023/2024. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
LKPT184 Umy Nadhiroh.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah : 1. Untuk mengetahui penerapan Model Pembelajaran Discovery Learnig untuk meningkatkan MotivasiBelajar Peserta Didik Pada Materi Rukun Iman pada pembelajaran PAI Kelas 1 UPT SDN 019 Kota Baru . 2. Untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar peserta didik pada Materi Rukun iman pada pembelajaran PAI setelah diterapkannya pembelajaran model Discovery Learning pada siswa Kelas IUPT SDN 019 Kota baru tahun pelajaran 2023/2024 3. Untuk mengetahui pengaruh hasil belajar Materi Rukun Iman pada pembelajaran PAI setelah diterapkannya pembelajaran Discovery Learning pada siswa kelas I UPT SDN 019 Kota Baru tahunpelajaran 2023/2024 4. Untuk meningkatkan kinerja guru dalam tugas dan fungsi pokok sebagai guru dalam proses pembelajan Materi Rukun iman pada pembelajaran PAI setelah diterapkannya pembelajaran Discovery Learning pada siswa kelas I UPT SDN 019 Kota baru tahun pelajaran 2023/2024. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan beberapa hal seperti berikut : 1. Penerapan model Discovery Learning pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti menunjukkan peningkatan ke arah yang lebih baik dalam hal aktivitasbelajar, diskusi dan keaktifan dalam pelaksanaan pembelajaran. Dalam hal ini dengan penerapan model Discovery Learning peserta didik menjadi lebih mampu membangun komunikasi, diskusi dan kerja sama yang baik sesama peserta didik serta peserta didik mampu membangun komunikasi yang baik dengan guru. Dengan penerapan model pembelajaran ini, dapat menstimulus keaktifan peserta didik melalui kerja sama antar kelompok dan anggota kelompok. 2. Hasil belajar peserta didik dapat ditingkatkan dengan penerapan model Discovery Learning. Hal ini terlihat dari rata-rata hasil belajar pesrta didik yang diperoleh pada observasi awal adalah 67, rata – rata hasil belajar peseta didik yang diperoleh pada siklus I adalah 77 dan rata – rata hasil belajar peseta didik yang diperoleh pada siklus II adalah 80. Hal ini menunjukkan peningkatan hasil belajar yang signifikan dengan hasil belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 80% dan pada siklus II sebesar 100%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Other)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nadhiroh, UmyUNSPECIFIED06350823669
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSutini, Sutinisutinimiskun@uinsby.ac.id2003017703
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Hasil belajar; model discovery learning
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG)
Depositing User: Ainun Syarifah
Date Deposited: 04 Feb 2025 14:57
Last Modified: 06 Feb 2025 04:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/77472

Actions (login required)

View Item View Item