This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Khairati, Misyami (2022) Penerapan model cooperative learning dengan metode mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar materi zakat mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas IX di SMPN 18 Sinjai. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
LPTK 48. Mismaya Khairati.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan memperbaiki proses pembelajaran dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada kompetensi Memahami Ketentuan Zakat melalui pembelajaran dengan model cooperative learning menggunakan metode mind mapping dan mengetahui seberapa besar peningkatan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada proses pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada kompetensi Memahami Ketentuan Zakat melalui pembelajaran dengan model cooperative learning menggunakan metode mind mapping. Upaya ini peningkatan ini dilakukan karena adanya hasil observasi dan data hasil belajar peserta didik sebelumnya yang masih rendah dan belum mencapai KKM (kriteria ketuntasan minimal). Penelitian ini dilakukan di SMPN 18 Sinjai pada tahun ajaran 2022/2023, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IX dengan jumlah 18 siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas, model pembelajaran yang digunakan adalah model cooperative learning menggunakan metode pembelajaran mind mapping. Penelitian dilakukan dengan 3 siklus. Langkahlangkah penelitian ini dimulai dengan pretest untuk mengetahuikemampuan awal siswa, selanjutnya pemberian materi yang diajarkan kemudian siswa secara berkelompok (Cooperative) membuat mind mapping (yaitu cara mencatat yang kreatif dan efektif yang dapat dikombinasikan dengan warna, simbol, garis, dan gambar yang sesuai dengan cara kerja otak) tentang materi pelajaran yang telah disampaikan oleh guru dan kemudian mempresentasikannya di depan kelas. Tahap selanjutnya adalah postest, untuk mengetahui pemahaman serta keberhasilan belajar yang telah dicapai siswa. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran pada mata pelajaran PAI kompetensi Memahami Ketentuan Zakat menggunakan penerapan model cooperative learning dengan metode mind mapping ini menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini dilihat dari peningkatan rata-rata nilai postest; nilai rata-rata pada siklus I 67 dan ketuntasan belajar sebesar 50%; pada siklus II nilai rata-rata 75, ketuntasan belajar 75%; dan pada siklus III nilai rata-rata 77 dan ketuntasan belajarnya 86%. Peningkatan tersebut telah memenuhi KKM dan ketuntasan belajar yang telah ditentukan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah hasil belajar siswa dapat ditingkatkan dengan model cooperative learning melalui metode pembelajaran mind mapping.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Other) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar | ||||||||
Keywords: | Hasil belajar | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) | ||||||||
Depositing User: | Ainun Syarifah | ||||||||
Date Deposited: | 06 Feb 2025 02:21 | ||||||||
Last Modified: | 06 Feb 2025 02:44 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/77505 |
Actions (login required)
View Item |