This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Hariyati, Mery (2007) Implementasi pendekatan humanistis terhadap kreativitas siswa Kelas XI dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri I Taman. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
D013029 Mery Hariyati 2007 OK.pdf Download (6MB) |
Abstract
Pendidikan yang di harapkan sebagai bagian dari proses kehidupan yang dapat mengentaskan manusia dari penindasan dan kesengsaraan ternyata menjadi bagian yang menindas manusia itu sendiri. Pendidikan tidak menanamkan pada anak-anak Indonesia bagaimana caranya memanusiakan manusia atau menghargai kreatifitas yang ada. Tidak mengherankan ketika siswa menjadi semakin beringas dan brutal. Tawuran pelajar terjadi di mana-mana dan banyak sekali penyalahgunaan narkoba yang dilakukan oleh pelajar. Pendekatan humanistis adalah suatu usaha untuk mengembangkan potensi atau fitrah manusia yang berpusat pada manusia atau peserta didik untuk menjadi manusia yang dewasa (bebas bcrpikir, bebas memilih, dan bebas bcrtindak) dan bertanggung jawab atas apa yang dilakukan sebagai 'Abdullah maupun khalifah-Nya. Dengan memperlakukan peserta didik secara manusiawi dalam proses pembelajaran, dan pendidik memposisikan dirinya sebagai fasilitator, maka memberi peluang kebebasan berpikir dan bertindak kepada mereka dalam mengembangkan potensi- potensi yang dimiliki, dan akan berakibat meningkatkan kreatifitas (daya cipta), penemuan dan tanggung jawabnya. Berdasarkan masalah diatas skripsi ini berjudul "Implementasi Pendekatan Humanistis Terhadap Kreativitas Siswa Kelas XI dalam Pembelajaran PAI di SMA Negeri I Taman. Siswa yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 40 siswa. Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah sebagai berikut: 1. Bagaimana implementasi pendekatan humanistis dalam pembelajaran PAl kelas XI di SMA Negeri I Taman?2. Bagaimana kreativitas siswa kelas XI dalam pembelajaran PAI di SMA Negeri I Taman?3. Adakah pengaruh implemcntasi pendekatan humanistis terhadap kreativi tas siswa kelas XI dalam pembelajaran PAI di SMA Negeri I Taman? Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian diskriptif kuantitatif Untuk memperoleh data menggunakan metode angket, observasi, interview dan dokumentasi.Untuk menjawab ketiga pertanyaan diatas, berdasarkan hasil penelitian, kemudian disimpulkan bahwa implementasi pendekatan humanistis hasilnya adalah 56,75 .% yang berarti cukup, sedangkan untuk kreativitas siswa kelas XI diperoleh hasil 58 % yang berarti cukup. Untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh antara implementasi pendekatan humanistis dan kreativitas siswa, Dari basil perhitungan mmus product moment diperoleh hasil dengan nilai 0,691 yang berarti cukup. Jadi implementasi pendekatan humanistis terhadap kreativitas siswa kclas XI dalam pembelajaran PAI di SMA Negeri I Taman tergolong cukup.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan Islam | ||||||||
Keywords: | Kreativitas siswa | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||||
Date Deposited: | 06 Feb 2025 06:28 | ||||||||
Last Modified: | 06 Feb 2025 06:28 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/77568 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |