Analisis kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan masalah open-ended setelah pemberian feedback ditinjau dari kemampuan matematika siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wilisati, Rani Septi (2025) Analisis kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan masalah open-ended setelah pemberian feedback ditinjau dari kemampuan matematika siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rani Septi Wilisati_06010420015.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Rani Septi Wilisati_06010420015_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 February 2028.

Download (3MB)

Abstract

Matematika mampu membantu mengembangkan keahlian siswa dalam berhitung, bernalar, berpikir kreatif, dan kemampuan menyelesaikan masalah. Permasalahannya ialah kemampuan matematika siswa Indonesia dinilai cukup rendah hingga kemampuan bernalar siswa belum maksimal. Oleh sebab itu, pelatihan siswa dengan tugas pemecahan masalah matematika secara tidak rutin mampu dijadikan sebagai solusi untuk membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan bernalar siswa. Masalah matematika yang digunakan dalam penelitian ini adalah masalah open-ended, yaitu masalah yang bersifat terbuka dan memiliki lebih dari satu solusi. Penerapan feedback dapat membantu siswa untuk mengoptimalkan kemampuan penalaran matematika dengan cara mengetahui kebutuhan siswa saat kegiatan pembelajaran. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk menelaah penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan masalah open-ended setelah pemberian feedback, dilihat dari kemampuan matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi kasus. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari enam siswa, yaitu dua siswa berkemampuan matematika tinggi, dua siswa berkemampuan matematika sedang, dan dua siswa berkemampuan matematika rendah. Teknik pengumpulan datanya adalah tes dan wawancara pada siswa kelas VIII-C SMP Negeri 3 Kras Kediri. Hasil data tersebut selanjutnya disampaikan dan ditelaah menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa: (1) Siswa berkemampuan matematika tinggi setelah diberikan feedback memiliki kemampuan bernalar matematis yang tinggi dengan perolehan nilai rata-ratanya adalah 82 dengan kemampuan memenuhi indikator mengajukan dugaan, manipulasi matematis, dan memberikan bukti beserta alasannya untuk penyelesaian yang diberikan. (2) Siswa berkemampuan matematika sedang setelah diberikan feedback memiliki kemampuan bernalar matematis yang sedang dengan perolehan nilai rata-ratanya adalah 69 dengan kurang mampu memenuhi secara maksimal semua indikator, namun mampu memenuhi indikator manipulasi matematis. (3) Siswa berkemampuan matematika rendah setelah diberikan feedback memiliki kemampuan bernalar matematis yang rendah dengan perolehan nilai rata-ratanya adalah 54 dengan kemampuan memenuhi indikator manipulasi matematis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wilisati, Rani Septiraniwilist119@gmail.com06010420015
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArrifadah, Yuniyuni.arrifadah@uinsby.ac.id2005067301
Thesis advisorSuparto, Supartozakfikam@gmail.com2002046903
Subjects: Matematika
Pendidikan
Pendidikan > Tes Belajar
Keywords: Penalaran; feedback; open-ended; matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rani Septi Wilisati
Date Deposited: 07 Feb 2025 05:35
Last Modified: 07 Feb 2025 05:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/77618

Actions (login required)

View Item View Item