Strategi pelayanan pengurus masjid untuk kenyamanan jemaah di Masjid Besar Miftahul Abidin Krian Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mukarromah, Vika Sayyidatul (2024) Strategi pelayanan pengurus masjid untuk kenyamanan jemaah di Masjid Besar Miftahul Abidin Krian Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Vika Sayyidatul Mukarromah_04040421099.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Vika Sayyidatul Mukarromah_04040421099_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 11 February 2028.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana pengurus masjid dapat memberikan pelayanan pada jemaah agar merasakan kenyamanan dalam beribadah dan apa saja hambatannya, seperti mengetahui strategi pelayanan pengurus masjid yang dapat memberikan kenyamanan jemaah dalam beribadah, dan menganalisis hambatan-hambatan yang mempengaruhi kenyamanan jemaah dalam beribadah di masjid. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian studi kasus dengan metodologi penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah masjid besar Miftahul Abidin Krian menerapkan lima strategi pelayanan kepada jemaah yaitu strategi pelayanan fasilitas ibadah, strategi pelayanan kebersihan, strategi pelayanan keamanan dan ketertiban, strategi pelayanan komunikasi dan informasi serta strategi pelayanan sosial dan kegiatan keagamaan. Kelima strategi ini dijalankan secara optimal oleh pengurus masjid agar menciptakan kenyamanan jemaah dalam beribadah dengan khusyuk. Sementara itu, hambatan dalam pelaksanaaan strategi pelayanan meliputi empat hal. Pertama, keterbatasan Sumber Daya Manusia. Kedua, keterbatasan pendanaan. Ketiga, keamanan dan penanganan kasus. Keempat, masalah sosial dan penyatuan ide. Hambatan-hambatan tersebut harus segera diatasi agar pelaksanaan strategi pelayanan dapat mencapai hasil yang optimal dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi jemaah

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mukarromah, Vika Sayyidatulvikasayyidatul@gmail.com04040421099
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFaletehan, Aun Falestienaunfalestien@uinsa.ac.id2014058201
Thesis advisorArdilla, Yunitayunita.ardilla@uinsby.ac.id2004069202
Subjects: Layanan
Masjid
Keywords: Strategi; pelayanan; kenyamanan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Vika Mukarromah
Date Deposited: 11 Feb 2025 03:39
Last Modified: 11 Feb 2025 03:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/77623

Actions (login required)

View Item View Item