Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbantu flip builder untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS di MI Islamiyah Butoh Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Roziq, M. Ilham ainur (2024) Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbantu flip builder untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS di MI Islamiyah Butoh Bojonegoro. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Ilham Ainur Roziq_02041022010.pdf

Download (7MB)
[img] Text
M. Ilham Ainur Roziq_02041022010_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 12 February 2028.

Download (7MB)

Abstract

Permasalahan yang dihadapi siswa pada era saat ini yaitu tentang hasil belajar. Khususnya dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) siswa masih kesulitan dalam memahami materi sehingga hasil belajar yang diperoleh masih kurang maksimal. Sementara Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang digunakan masih cenderung monoton. Sehingga juga dibutuhkan model LKPD baru yaitu berbantu aplikasi Flip Builder untuk mendapat hasil belajar yang baik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan desain pengembangan dari Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), untuk mendeskripsikan kelayakan pengembangan dari Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), serta untuk memahami efektifitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbantu Flip Builder yang telah dikembangkan untuk meningkatkan hasil belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS di MI Islamiyah Butoh Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development dengan model ADDIE. Subjek penelitian ini yakni 19 siswa pada kelas IV MI Islamiyah Butoh Sumberrejo Bojonegoro. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, angket, dan tes. Data yang telah dikumpulkan akan dianalisis menggunakan teknik analisis validitas dan analisis efektivitas menggunakan uji paired sample t-test. Hasil penelitian ini adalah desian LKPD telah menyesuaikan karakteristik siswa serta permasalah yang terjadi dilapangan. Kelayakan LKPD diperoleh dari hasil validasi dengan persentase tingkat kelayakan dari ahli media sebesar 84% termasuk kriteria sangat layak, ahli materi sebesar 93,8% termasuk kriteria sangat layak, ahli pembelajaran sebesar 94% termasuk kriteria sangat layak, dapat disimpulkan bahwa LKPD berbantu Flip Builder termasuk kriteria sangat layak. Efektivitas penggunaan LKPD dianalisis menggunakan uji paired sample t-tes dengan hasil menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000, artinya adanya efektivitas dari penerapan LKPD berbantu Flip Builder untuk meningkatkan hasil belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS di MI Islamiyah Butoh Bojonegoro.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Roziq, M. Ilham ainurilhamainur77@gmail.com02041022010
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuryani, Suryanitaqi_77@yahoo.com2012087701
Thesis advisorSihabudin, Sihabudinbudinsihab77@gmail.com2020027701
Subjects: Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Pengembangan; LKPD pembelajaran IPAS; flip builder; hasil belajar
Divisions: Program Magister > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: M. Ilham Ainur Roziq
Date Deposited: 12 Feb 2025 03:13
Last Modified: 12 Feb 2025 03:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/77688

Actions (login required)

View Item View Item