Pengaruh konseling islam menggunakan expressive writing therapy terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis pada siswa Sekolah Menengah Pertama di Desa Betro Sedati

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maharani, Luthfia Ismira (2025) Pengaruh konseling islam menggunakan expressive writing therapy terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis pada siswa Sekolah Menengah Pertama di Desa Betro Sedati. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Luthfia Ismira Maharani_04020321065 OK.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Luthfia Ismira Maharani_04020321065 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 February 2028.

Download (4MB)

Abstract

Pengaruh Konseling Islam Menggunakan Expressive Writing Therapy Terhadap Peningkatakn Keterampilan Berpikir Kritis Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama di Desa Betro Sedati. Fokus dari penelitian ini adalah adalah bagaimana rangkaian proses dari terapi Expressive Writing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada siswa SMP serta bagaimana hasil dari penerapan terapi Expressive Writing yang diterapkan kepada siswa-siswi yang memiliki kemampuan berpikir kritis yang rendah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif untuk menjawab dan menyelesaikan problem sebagaimana yang telah dirumuskan. Dalam proses konseling yang telah dilakukan, peneliti melakukan rangkaian tahap dari identifikasi masalah, menentukan diagnosis, merancang prognosis, mengaplikasikan treatment dan yang terakhir adalah evaluasi dan follow up. Penambahan treatment berupa membaca surah al-insyirah sebelum dimulainya terapi ke dalam terapi Expressive Writing sebagai bentuk dari relaksasi guna mengatasi problem yang dihadapi siswa-siswi yang memiliki kemampuan berpikir kritis yang rendah. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah 40 siswa SMP Asa Cendekia yang memiliki kategori kemampuan berpikir kritis yang rendah. Hasil dari serangkaian proses konseling yang telah dilakukan adalah dapat dikatakan baik dan berhasil. Hal ini dapat dibuktikan dengan membandingkan data saat sebelum dilakukannya konseling dansetelah dilakukannya konseling

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maharani, Luthfia Ismiramaharaniputrii747@gmail.com04020321065
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSantoso, Agusagus.santoso@uinsby.ac.id2025087001
Thesis advisorMierrina, Mierrinamierrina@uinsby.ac.id2013046803
Subjects: Bimbingan Konseling
Islam dan Ilmu Pengetahuan
Keterampilan
Motivasi Belajar
Keywords: Konseling Islam; Expressive Writing Therapy; Kemampuan Berpikir.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Luthfia Ismira Maharani
Date Deposited: 25 Feb 2025 06:48
Last Modified: 25 Feb 2025 06:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/77770

Actions (login required)

View Item View Item