فعالية استخدام وسيلة Zoho Challange عبر الإنترنت لترقية مهارتي القراءة والكتابة لطلاب الصف السابع في مدرسة الهداية المتوسطة النموذجية كوطوريجو

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lutfah, Nikmatul (2024) فعالية استخدام وسيلة Zoho Challange عبر الإنترنت لترقية مهارتي القراءة والكتابة لطلاب الصف السابع في مدرسة الهداية المتوسطة النموذجية كوطوريجو. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nikmatul Lutfah_D72219041 OK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Nikmatul Lutfah_D72219041 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 July 2028.

Download (3MB)

Abstract

Pembelajaran Bahasa Arab merupakan aspek fundamental dalam penguasaan bahasa yang digunakan dalam Al-Qur'an, hadis, dan karya-karya klasik Islam. Bahasa arab memiliki empat keterampilan berbahasa yaitu berbicara, mendengar, membaca, dan menulis. Penelitian ini telah mengambil dua aspek penguasaan yaitu maharah qira’ah wa kitabah. Dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran, penggunaan media pembelajaran yang inovatif sangat diperlukan. Zoho Challenge, sebagai media berbasis web, menyediakan platform yang memungkinkan siswa untuk berlatih dan mengembangkan keterampilan membaca dan menulis dengan cara yang menyenangkan dan menantang. Penelitian ini memiliki tujuan, yaitu: (1) Mengetahui bagaimana keterampilan Qira’ah wa Kitabah kelas VII di SMP Unggulan Al-Hidayah Kutorejo, (2) Mengetahui penggunaan media zoho challenge berbasis web untuk meningkatkan maharah qira’ah wa kitabah kelas VII di SMP Unggulan Al-Hidayah Kutorejo, (3) Mengetahui efektivitas penggunaan media zoho challenge berbasis web untuk meningkatkan maharah qira’ah wa kitabah kelas VII di SMP Unggulan Al-Hidayah Kutorejo Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan uji “T-test”. Adapun pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Sedangkan teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling dengan jumlah sampel kelas VII-B SMP Unggulan Al-Hidayah Kutorejo. Hasil dari analisis Berdasarkan tabel dapat diketahui nilai uji statistik p-value 0,001 < 0,05, maka sesuai dasar pengambilan keputusan dalam uji dapat disimpulkan H0 ditolak yang artinya terdapat efektivitas media Zoho Challenge berbasis web untuk meningkatkan maharah qira'ah wa kitabah siswa kelas 7 di SMP Unggulan Al-Hidayah yang signifikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lutfah, Nikmatulnikmatullutfah@gmail.comD72219041
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuda, Hisbullahhisbullahhuda@yahoo.com2007017001
Thesis advisorAzhari, Saefullahsaefullah652@gmail.com2014086502
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan
Pendidikan > Media
Keywords: Media Pembelajaran; Zoho Challenge; Keterampilan Qira’ah dan Kitabah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Nikmatul Lutfah
Date Deposited: 27 Jul 2025 17:15
Last Modified: 27 Jul 2025 17:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/77830

Actions (login required)

View Item View Item