This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Mayuni, Ani (2025) Pengaruh performance expectancy, effort expectancy, social influence, facilitating condition, literasi keuangan dan gaya hidup terhadap keputusan penggunaan qris generasi z surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Ani Mayuni_08030321073 OK.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
Ani Mayuni_08030321073 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 19 February 2028. Download (3MB) |
Abstract
Perkembangan baru dalam pembayaran digital telah mengubah cara masyarakat berperilaku. Quick Response Code Indonesian Standard, menggabungkan kode QR dari berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) menjadi satu kode QR. QRIS dikembangkan oleh industri sistem pembayaran dan Bank Indonesia untuk membuat penggunaan kode QR lebih cepat, aman, dan efisien. Di Indonesia, QRIS semakin populer dan semakin banyak orang yang menggunakannya untuk mengelola transaksi keuangan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh performance expectancy, effort expectancy, social influence, facilitating condition, literasi keuangan, dan gaya hidup terhadap keputusan penggunaan QRIS di kalangan Generasi Z di Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei, di mana data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 384 responden Generasi Z. Melalui pendekatan kuantitatif, penelitian ini melibatkan pengumpulan data melalui survei online terhadap responden generasi Z yang aktif menggunakan layanan pembayaran digital. Analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) yang berbasis varians yaitu Partial Least Square (PLS) versi 3.2.9. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel performance expectancy, facilitating condition, literasi keuangan, dan gaya hidup memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penggunan QRIS Generasi Z sedangkan dua variabel lainnya yaitu effort expectancy, social influence tidak signifikan. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada pihak perusahaan agar terus konsisten dalam menjaga kualitas penggunaan QRIS. Kemudian pihak PJSP terutama QRIS melakukan promosi kepada seluruh elemen masyarakat, tidak hanya Generasi Z tentang keunggulan QRIS melalui kampanye digital, menonjolkan fleksibilitas, dan kemudahan penggunaanya, terutama di toko-toko kecil atau UMKM dengan membangun kerjasama bersama merchant di berbagai sektor, dari UMKM hingga bisnis besar, sehingga pengguna dapat merasakan manfaat QRIS dimana saja serta berkolaborasi dengan instansi pemerintah, sekolah, dan kampus untuk meningkatkan literasi digital di berbagai kalangan.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Manajemen | ||||||||
Keywords: | QRIS; generasi Z; Surabaya; performance expectancy; effort expectancy; social influence; facilitating condition; literasi keuangan; gaya hidup; adopsi teknologi; pembayaran digital | ||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen | ||||||||
Depositing User: | Ani Mayuni | ||||||||
Date Deposited: | 19 Feb 2025 04:54 | ||||||||
Last Modified: | 19 Feb 2025 04:54 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/77873 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |