This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Jamil, Alvian Nur (2024) Efektivitas pembelajaran model ASSURE berbasis gamifikasi untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fikih di MAN 1 Lamongan. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Thesis_Alvian Nur Jamil 02040822012.pdf Download (7MB) |
![]() |
Text
Thesis_Alvian Nur Jamil 02040822012_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 19 February 2028. Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi bertambahnya pengguna game online di Indonesia yang sebagian besar dimainkan pelajar. Tercatat 95,4% pemakai internet bermain game di berbagai platform. Hal ini membuat motivasi belajar siswa menurun sehingga berdampak pada prestasi belajar yang diperoleh. Cara yang dinilai efisien adalah memasukkan unsur game pada pembelajaran dan dibantu model ASSURE sebagai kerangka pembelajaran yang sistematis dan tepat sasaran. Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas pembelajaran model ASSURE berbasis gamifikasi untuk meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar siswa pada mapel Fikih di MAN 1 Lamongan. Penelitian ini adalah studi kuantitatif quasi eksperiment dengan populasi mencakup seluruh siswa kelas XI di MAN 1 Lamongan, sampel terdiri dari XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 4 kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa angket dan soal tes. Analisis data tahap awal yaitu uji kelayakan media gamifikasi menggunakan platform Quizizz dan Wordwall oleh ahli materi dan ahli media. Pengukuran motivasi dan prestasi belajar siswa awal dengan Independent Sample t-test. Analisis akhir pengumpulan data nilai pretest dan post-test kedua kelas, yang dianalisis menggunakan Paired Sample t-test dan uji N-Gain Diperoleh hasil pada media gamifikasi yang diterapkan mendapat skor ahli media 70 berada pada skala 67,2 ≤ ST ≤ 80 dan ahli materi 53 dengan skala 50,4 ≤ ST ≤ 60, keduanya berkategori sangat layak. Perolehan data pretest dan post-test seluruhnya normal dan homogen. Hasil independent sample t-test data pretest menunjukkan nilai Sig.2 tailed > 0,05, kedua kelas relatif memiliki kondisi awal yang sama sehingga layak diperbandingkan. Data post-test hasil uji paired sample t-test kedua kelas menunjukkan sama-sama terdapat perbedaan rerata nilai awal dan akhir baik pada motivasi belajar maupun prestasi belajar siswa. Untuk motivasi belajar siswa kelas eksperimen meningkat dari 29,15 menjadi 48,82 dengan selisih 19,67, sedangkan pada kelas kontrol dari 28,36 menjadi 33,55 dengan selisih 5,18. Pada prestasi belajar kelas perlakuan mendapat rerata awal 58,48 menjadi 82,42 dengan selisih 23,94. Sedangkan kelas kontrol mendapat rerata awal 57,27 menjadi 70,76 dengan selisih 13,49. Uji N-Gain motivasi belajar pada kelas eksperimen 85,55% dengan klasifikasi “Efektif’’, sedangkan kelas kontrol memdapat skor 21,66% klasifikasi “Tidak Efektif” dan pada prestasi belajar kelas eksperimen mendapat skor 58,91% dengan klasifikasi “Cukup Efektif’’, sedangkan kelas kontrol memperoleh skor 29,12% dengan klasifikasi “Tidak Efektif”. Hasil ini juga didukung oleh uji tingkat capaian responden pada kelas eksperimen yang memperoleh hasil 87,25% dengan klasifikasi “Sangat Baik”..
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Fikih Motivasi Belajar Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Media |
||||||||||||
Keywords: | Model ASSURE; gamifikasi; motivasi belajar; prestasi belajar | ||||||||||||
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Alvian Nur Jamil | ||||||||||||
Date Deposited: | 19 Feb 2025 04:25 | ||||||||||||
Last Modified: | 19 Feb 2025 04:25 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/77973 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |