Analisis strategi komunikasi pemasaran dalam upaya meningkatkan jumlah donatur pada Lembaga Amil Zakat, Infak, dan Sedekah (LAZIS) Nurul Falah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lisa'iharodiyah, Izam (2024) Analisis strategi komunikasi pemasaran dalam upaya meningkatkan jumlah donatur pada Lembaga Amil Zakat, Infak, dan Sedekah (LAZIS) Nurul Falah Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Izam Lisa'iharodiyah_04010421010.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Izam Lisa'iharodiyah_04010421010 _Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 February 2028.

Download (3MB)

Abstract

Pelaksanaan strategi komunikasi pemasaran dalam konteks lembaga filantropi Islam bertujuan untuk mengkomunikasikan pesan yang efektif mengenai program dan layanan yang ditawarkan, membangun citra merek yang positif dan berkelanjutan, memfasilitasi hubungan yang kuat dengan para donatur, serta sebagai bentuk upaya meningkatkan jumlah donatur. Memahami strategi komunikasi pemasaran yang tepat membantu organisasi mencapai tujuan yang sudah ditentukan. Selain itu, organisasi juga perlu mengetahui kendala atau hambatan apa saja yang nantinya akan dihadapi pada proses pelaksanaan strategi komunikasi pemasaran. Dengan demikian, penerapan strategi komunikasi pemasaran di masa yang akan datang dapat berjalan secara berkelanjutan. Untuk menjabarkan persoalan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus dengan perolehan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan objek penelitian LAZIS Nurul Falah Surabaya. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa pada penerapan strategi komunikasi pemasaran pada LAZIS Nurul Falah Surabaya dilaksanakan dengan 4 pendekatan yaitu: menentukan program, menentukan target pasar, menentukan anggaran, dan pelaksanaan strategi komunikasi pemasaran. Pelaksanaan strategi komunikasi pemasaran terbagi menjadi strategi komunikasi pemasaran online (periklanan dan pemasaran langsung) dan strategi komunikasi pemasaran offline (penjualan langsung dan hubungan masyarakat). Hasil penelitian ini juga mengungkapkan kendala yang dihadapi dalam penerapan strategi komunikasi pemasaran yang terbagi menjadi lima, yaitu: kendala anggaran, kendala sumber daya manusia, kendala pembatalan janji, dan persaingan, serta kendala penyampaian pesan

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lisa'iharodiyah, Izamizamlisa570@gmail.com04010421010
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArifin, Ah. Aliaaarifin07@gmail.com2014126201
Thesis advisorHakam, Ahmad khairulahmad_khairul_hakim@yahoo.com2030127501
Subjects: Manajemen Dakwah
Amil Zakat
Keywords: Strategi komunikasi pemasaran; bauran promosi; kendala
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Izam Lisa'iharodiyah
Date Deposited: 19 Feb 2025 03:54
Last Modified: 19 Feb 2025 03:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/78013

Actions (login required)

View Item View Item