Manajemen strategi NF dakwah dalam meningkatkan eksistensi LAZIS Nurul Falah surabaya: studi kasus subprogram pelayanan mitra masyarakat

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Hefi Alifia (2024) Manajemen strategi NF dakwah dalam meningkatkan eksistensi LAZIS Nurul Falah surabaya: studi kasus subprogram pelayanan mitra masyarakat. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hefi Alifia Putri_04020421034.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Hefi Alifia Putri_04020421034_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 May 2028.

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana manajemen strategi NF Dakwah dalam meningkatkan eksistensi LAZIS Nurul Falah Surabaya dengan studi kasus Subprogram Mitra Pelayanan Masyarakat. Dalam penelitian ini peneliti tidak hanya menjabarkan manajemen strategi dalam meningkatkan eksistensi lembaga. Namun, peneliti juga menjabarkan bagaimana pandangan prespektif Islam mengenai manajemen strategi program NF Dakwah dalam meningkatkan eksistensi lembaga.Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif. Dalam menjawab fokus penelitian, peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif dalam menjelaskan. Peneliti juga menggunakan cara triangulasi untuk menemukan hasil yang valid. Selain itu, dalam mendapatkan data-data yang diperlukan peneliti melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi.Peneliti mengungkap beberapa hal dari fokus penelitian yang diangkat dalam rumusan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi NF Dakwah dalam pelayanan mitra masyarakat dilakukan secara online dan offline, disesuaikan dengan kebutuhan. Program ini melibatkan edukasi, pendampingan, dan bantuan sosial, serta kolaborasi dengan mitra dan donatur. Analisis SWOT menunjukkan kekuatan pada program dakwah, kelemahan pada keterbatasan SDM dan dana, peluang kolaborasi, serta ancaman persaingan. Analisis PEST memperlihatkan pengaruh politik, ekonomi, sosial, dan teknologi terhadap program, sementara Five Forces mengidentifikasi ancaman lembaga baru, keterbatasan pemasok, dan persaingan antar lembaga. Faktor penghambatnya termasuk SDM, dana, dan partisipasi masyarakat, sementara faktor pendukungnya adalah dukungan mitra dan pemanfaatan teknologi. Evaluasi strategi ini dapat meningkatkan eksistensi lembaga untuk keberlanjutan jangka panjang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Hefi Alifiahefialifiaa@gmail.com04020421034
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZakariya, Novie AndrianiNovierobi120212@gmail.com2011029701
Thesis advisorBramayudha, Airlanggabram@uinsby.ac.id2014127901
Subjects: Dakwah > Dakwah - Manajemen
Dakwah > Dakwah, Masyarakat
Manajemen Dakwah
Keywords: Strategi; eksistensi; lembaga
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: hefi alifia putri
Date Deposited: 17 Apr 2025 05:53
Last Modified: 17 Apr 2025 05:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/78038

Actions (login required)

View Item View Item