Pengaruh strategi Paikemi (pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, menyenangkan dan Islami) pada pembelajaran PAI dalam membentuk norma religius siswa di SMA Wahid Hasyim Krian Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zulviana, Luluk (2009) Pengaruh strategi Paikemi (pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, menyenangkan dan Islami) pada pembelajaran PAI dalam membentuk norma religius siswa di SMA Wahid Hasyim Krian Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Luluk Zulviana_D01205187.pdf

Download (1MB)

Abstract

Menurut UU RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas, pasal 1 ayat 1: Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar siswa secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kecakapan spiritual keagamaan, kepribadian, kecerdasan sosial, berakhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara. Oleh karena itu proses pembelajaran yang relevan adalah yang mampu memotivasi peserta didik untuk aktif, kreatif dalam mengembangkan potensi yang mereka miliki, di mana proses pembelajaran tersebut dirancang sedemikian rupa demi mencapai tujuan pembelajaran, yakni menanamkan norma-norma religius pada diri siswa. Upaya inilah yang senantiasa diupayakan oleh Tim Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Wahid Hasyim Krian. Dan upaya tersebut diwujudkan dengan menerapkan Strategi PAIKEMI (Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif Menyenangkan Dan Islami). Strategi inilah yang selanjutnya akan penyusun teliti dalam skripsinya yang berjudul Pengaruh Strategi PAIKEMI (Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif Menyenangkan Dan Islami) pada Pembelajaran PAI Dalam Memembentuk Norma Religius Siswa Di SMA Wahid Hasyim Krian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi PAIKEMI (pembelajaran aktif inovatif kreatif efektif menyenangkan dan Islami) pada pembelajaran PAI dalam membentuk norma religius siswa SMA Wahid Hasyim Krian tahun Pelajaran 2008-2009 sebanyak 187 siswa yang terdiri dari enam kelas (X-XII) sebagai populasi. Sedang sampel yang digunakan adalah Teknik Sampling Non Probabilitas Type Purposive Sampling yaitu pengambilan sampel dengan cara mengambil subyek bukan didasarkan pada strata, random atau daerah, melainkan didasarkan atas adanya tujuan tertentu. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA (23 siswa). Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang cukup kuat antara strategi PAIKEMI terhadap pembentukan norma religius siswa. Pengaruh tersebut dapat dilihat dari hasil analisis korelasi product moment yakni sebesar 0,630. pada hasil pengujian hipotesis, pada taraf signifikansi 5% diperoleh rtabel sebesar 0,413 dan pada taraf signifikansi 1% diperoleh r¬tabel sebesar 0,526. Hasil tersebut menunjukkan bahwa rhitung r table (0,413 0,630 0,526) dan rhitung berada pada daerah penolakan Ho sehingga Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi PAIKEMI (Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif Menyenangkan Dan Islami) pada pembelajaran PAI berpengaruh dalam membentuk norma religius siswa SMA Wahid Hasyim Dikarenakan keterbatasan peneliti, maka diperlukan pengkajian lebih lanjut oleh peneliti-peneliti lain, terutama mengenai variasi-variasi baru strategi pembelajaran PAI.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zulviana, LulukUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Akhlak
Pendidikan
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Strategi Paikemi; Pembelajaran Aktif; Inovatif; Kreatif; Efektif; Menyenangkan Dan Islami; Pembelajaran Pai; Membentuk Norma Religius Siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 31 Oct 2009
Last Modified: 15 Jul 2019 07:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/7826

Actions (login required)

View Item View Item