Strategi diplomasi publik Indonesia dalam mempromosikan budaya melalui acara Indonesia fair di Tiongkok pada tahun 2023-2024

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jibrani, Afin Mahdini Putra (2025) Strategi diplomasi publik Indonesia dalam mempromosikan budaya melalui acara Indonesia fair di Tiongkok pada tahun 2023-2024. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Afin Mahdini Putra Jibrani_10040220076.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Afin Mahdini Putra Jibrani_10040220076_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 March 2028.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu strategi diplomasi publik yang digunakan Indonesia dalam mempromosikan budaya melalui acara Indonesia Fair Tiongkok tahun 2023-2024. Peneliti menggunakan konsep diplomasi publik milik Nicholas J. Cull dengan jenis penelitian kualitatif-deskriptif. Acara Indonesia Fair Tiongkok tahun 2023-2024 merupakan acara yang bertujuan untuk mempromosikan Indonesia kepada masyarakat Tiongkok melalui aset soft power seperti budaya, pariwisata, dan kuliner. Acara ini diselenggarakan oleh KBRI Beijing yang bekerja sama dengan beberapa lembaga pemerintah dan non-pemerintah seperti Bank Indonesia, Indonesia Chamber of Commerce (INACHAM), Kadin Indonesia Komite Tiongkok (KIKT), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Adaro, dan Kuaishou. KBRI Beijing berupaya secara maksimal untuk mempromosikan Indonesia kepada masyarakat Tiongkok, salah satunya memanfaatkan keunggulan dari hubungan people-to-people yang menciptakan interaksi antara masyarakat Indonesia dengan masyarakat Tiongkok. Hal tersebut dapat menjadi cara yang efektif untuk mengenalkan Indonesia sekaligus meningkatkan citra Indonesia terhadap masyarakat Tiongkok. Peneliti juga menjabarkan konsep pendekatan diplomasi publik seperti advocacy, cultural diplomacy, dan international broadcasting untuk mempermudah fokus penelitian. Secara komprehensif acara Indonesia Fair Tiongkok tahun 2023-2024 dapat menjadi salah satu faktor meningkatnya wisatawan Tiongkok dan citra Indonesia terhadap masyarakat Tiongkok.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jibrani, Afin Mahdini Putraafinmpj123@gmail.com10040220076
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIsmail, Zakyzakyismail@uinsby.ac.id2030128201
Subjects: Hubungan Internasional
Budaya
Keywords: KBRI Beijing; INACHAM; KIKT; Soft Power; diplomasi publik; Indonesia fair Tiongkok; Bank Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: Afin Jibrani
Date Deposited: 05 Mar 2025 04:31
Last Modified: 05 Mar 2025 04:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/78434

Actions (login required)

View Item View Item