Analisis strategi peningkatan penjualan produk pembiayaan KPR IB melalui akad musyarakah mutanaqishah terhadap pencapaian target penjualan bank Panin Dubai Syariah Kcu. Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sofyanto, Dita Putri (2024) Analisis strategi peningkatan penjualan produk pembiayaan KPR IB melalui akad musyarakah mutanaqishah terhadap pencapaian target penjualan bank Panin Dubai Syariah Kcu. Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dita Putri Sofyanto_08040421135 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Dita Putri Sofyanto_08040421135 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 12 March 2028.

Download (2MB)

Abstract

Pembiayaan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) berbasis syariah dengan menggunakan akad Musyarakah Mutanaqishah (MMQ) merupakan salah satu solusi inovatif dalam mendukung pertumbuhan sektor properti dan meningkatkan profitabilitas perbankan syariah. Namun, tantangan dalam meningkatkan penjualan produk ini membutuhkan strategi yang terukur dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi peningkatan penjualan produk pembiayaan KPR iB melalui akad MMQ dan dampaknya terhadap target penjualan produk tersebut pada Bank Panin Dubai Syariah Kantor Cabang Utama (KCU) Surabaya. Penelitian dilaksanakan dengan pendekatan kualitatif deskriptif, menggunakan data primer yang didapat melalui proses wawancara mendalam dengan pegawai bank yaitu Operation Manager; Relationship Manager Mortagage, Legal Staff, serta data sekunder berupa laporan keuangan dan dokumen terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi strategi pemasaran dengan strategi tersebut tentang manfaat akad MMQ secara signifikan meningkatkan penjualan produk pembiayaan KPR iB. Hasil penelitian ini adalah bank menggunakan 5 strategi yaitu mengalihkan akad Murabahah menjadi Musyarakah Mutanaqishah; memberikan edukasi terkait perbedaan akad Murabahah dan Musyarakah Mutanaqishah; menjalin kerjasama dengan Developer; memperkenalkan keunggulan produk; memberikan pelayanan dan komunikasi yang baik. Sehingga, Bank mengalami peningkatan penjualan serta berdampak pada kemampuan marketing bank dalam mencapai target yang ditetapkan. Pencapaian target pada Bank penting dikarenakan merupakan hal fundamental untuk keberlangsungan usaha dan pertumbuhan suatu Bank Penelitian ini menyarankan agar Bank Panin Dubai Syariah menggunakan digital marketing pada proses penjualan produk; memperluas kolaborasi dengan Penguatan edukasi dan Branding Produk dan Bank; Optimalisasi Kemitraan dengan Developer dan ditambah agen pekerja lepas; Inovasi Digital marketing dan layanan KPR iB; Peningkatan Monitoring dan seringnya Evaluasi; Diversifikasi Produk Berbasis Syariah agar tingkat penjualan produk KPR iB dapat memenuhi target penjualan dan

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sofyanto, Dita Putridput00683@gmail.com08040421135
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRahmawati, LilikLilik_Elrahma@yahoo.com--
Subjects: Bank dan Perbankan Islam
Ekonomi
Pemasaran
Keywords: Pembiayaan KPR iB; Musyarakah Mutanaqishah; strategi pemasaran, target penjualan; perbankan syariah.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Dita Putri Sofyanto
Date Deposited: 12 Mar 2025 04:13
Last Modified: 12 Mar 2025 04:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/78677

Actions (login required)

View Item View Item